Oposisi Menang di Malaysia, Ini Janji Mahathir Muhammad - Suara Medan | Info Medan Terkini

Oposisi Menang di Malaysia, Ini Janji Mahathir Muhammad

SUARAMEDAN.com - Mahathir Mohamad, 92, resmi kembali ke tampuk kekuasaan setelah berhasil mengantarkan kubu oposisi, Pakatan Harapan, untuk pertama kalinya mengalahkan koalisi Barisan Nasional yang telah berkuasa sejak Malaysia merdeka tahun 1957.

Pria yang pernah memerintah Malaysia selama 22 tahun sebelum mundur tahun 2003 itu ddiambil sumpahnya sebagai perdana menteri ketujuh oleh raja yang berkuasa di Malaysia saat ini, Sultan Muhammad V.

Upacara digelar di Istana Negara, Kuala Lumpur, Kamis malam waktu setempat (10/05). Sesuai dengan undang-undang negara itu, raja yang berkuasa atau Yang di-Pertuan Agong mengambil sumpah perdana menteri.

Pengambilan sumpah sempat tertunda dan muncul berbagai teori konspirasi tentang keterlambatan pengukuhan Mahathir sebagai perdana menteri meskipun hasil pemilu sudah diumumkan beberapa jam sebelumnya.

Istana Negara membantah tudingan pihaknya menunda pengambilan sumpah perdana menteri baru namun harus melalui prosedur yang berlaku sehingga memerlukan waktu.

Sebelum dilantik, Mahathir Mohamad mengatakan bahwa sesuatu yang sebelumnya tidak disangka, pada akhirnya bisa terwujud."Kita telah melakukan sesuatu yang selama ini mustahil untuk berlaku. Angin perubahan telah melanda.

"Semalam, kita telah memilih untuk mengembalikan maruah negara. Terima kasih kami ucapkan. Kami akan menunaikan janji-janji yang telah dibuat dan bersedia berhadapan dengan rakyat," demikian cuit Mahathir lewat akun dengan nama penanya, chedet.

Ketika menuju Istana Negara, Mahathir menggunakan limosin Proton Perdana dengan nomor "Proton 2020".Nomor itu mencerminkan visi Mahathir yang pernah digagasnya ketika ia menjadi perdana menteri sebelumnya untuk menjadikan Malaysia sebagai negara maju tahun 2020.

Selain didampingi istrinya, Siti Hasmah Ali, Mahathir didampingi oleh para pemimpin partai-partai yang tergabung dalam koalisi Pakatan Harapan.

Mereka adalah presiden Partai Keadilan Rakyat, Wan Azizah Ismail -yang merupakan istri dari pemimpin de facto oposisi Anwar Ibrahim, presiden Partai Bersatu Muhyiddin Yassin, Sekjen Partai Aksi Demokratik Lim Guan Eng dan presiden Partai Amanah Mohamad Sabu.

Merasa tidak sedang dengan kepemimpinan Malaysia di bawah Najib Razak, Mahathir keluar dari UMNO, komponen partai terbesar di koalisi Barisan Nasional, membentuk partai Bersatu dan berkongsi dengan partai-partai yang sebelumnya dimusuhinya.

Subscribe to receive free email updates:

loading...

0 Response to "Oposisi Menang di Malaysia, Ini Janji Mahathir Muhammad"

Post a Comment