Forum Zakat (FOZ) Sumut Sambut Hari Zakat Nasional : 56.907 Penerima Manfaat Selama Ramadhan Di Tengah Pandemi Covid-19 - Suara Medan | Info Medan Terkini

Forum Zakat (FOZ) Sumut Sambut Hari Zakat Nasional : 56.907 Penerima Manfaat Selama Ramadhan Di Tengah Pandemi Covid-19

SUARAMEDAN.com -Pandemi Covid-19 di Indonesia mengisakan pilu di kalangan masyarakat, ujian datang tanpa pamit apakah kita siap atau tidak menghadapinya. Sama halnya dengan masa pandemi Covid-19 yang tidak tahu kapan masa berakhirnya. Banyak masyarakat menengah bawah yang terdampak Covid-19 baik itu secara ekonomi maupun kesehatan. Hal ini menyebabkan orang-orang yang memiliki penghasilan lebih menyumbangkan bagian dari penghasilannya untuk membantu saudaranya yang kurang mampu, salah satunya dengan mendonasikan hartanya di lembaga-lembaga kemanusiaan yang di payungi oleh FOZ (Forum Zakat) diseluruh Indonesia, termasuk FOZ Sumatera Utara.

Anggota FOZ Sumut terdiri dari lembaga zakat dan kemanusiaan seperti Inisiatif Zakat Indonesia (IZI), DT Peduli, Rumah Yatim Ar Rahman, Ulil Albab, Human Initiative, Dompet Duafa Waspada, Bulan Sabit Merah Indonesia (BSMI), Nurul Hayat Zakat Kita, Baitul Maal Hidayatullah, Rumah Zakat, Mandiri Amal Insani Region 1, YAKESMA, Pusat Zakat Umat, Abdurrahman Bin Auf, Global Zakat (ACT), PPPA Daarul Qur'an, Yatim Mandiri, UPZ PT. Bank Sumut, YBM BRI dan Dewan Dakwah Sumut.

Hari ke-27 Ramadhan bertepatan dengan 20 Mei 2020 merupakan Hari Zakat Nasional, maka dengan ini Forum Zakat (FOZ) Sumatera Utara menyampaikan laporan kegiatannya selama bulan Ramadhan 1441H. 
Program-program anggota FOZ merangkup berbagai kebutuhan masyarakat. Program sembako untuk masyarakat kecil, pembagian masker, bantuan APD untuk tenaga kesehatan, penyemprotan desinfektan, paket berbuka puasa, santunan anak yatim dan program lainnya menjadi prioritas saat ini. Ada juga program Ramadhan untuk masyarakat kecil agar mereka juga menikmati ibadah di bulan Ramadhan tanpa khawatir kekurangan apapun. 

Ketua Forum Zakat (FOZ) Sumut, Munawar,  menyampaikan, "Hingga saat ini bantuan terus-menerus disalurkan oleh lembaga-lembaga anggota FOZ. Sudah puluhan ribu mustahik, tempat umum dan masyarakat luas yang mendapat bantuan mulai dari bantuan sembako, bantuan masker, bantuan fasilitas dan penyemprotan desinfektan hingga bantuan di Bulan Ramadhan di berbagai Kota Kabupaten di Sumatera Utara, seperti Medan, Deli Serdang, Binjai Langkat dan kota kabupaten lainnya". 
"Tercatat sebanyak 56.907 penerima manfaat di ratusan titik di berbagai wilayah se-Sumatera Utara, yang mendapat bantuan di bulan Ramadhan di tengah pandemi Covid-19 dari 20 lembaga zakat dan kemanusiaan yang dinaungi FOZ Sumatera Utara", ujar M. Iqbal Farizi Sekjen FOZ Sumut. 

Program Ramadhan yang memanfaatkan dana Zakat Infaq Sedekah dan dana sosial lainnya juga dimaksimalkan penyalurannya. Bantuan akan terus menerus disalurkan hingga Ramadhan berakhir dan bantuan untuk program Covid-19 juga terus disalurkan hingga masa pandemi berakhir. 

"Semoga bantuan yang telah disalurkan oleh lembaga-lembaga zakat dan kemanusiaan dalam wadah Forum Zakat (FOZ) Sumut bermanfaat dan semakin luas cakupan bantuannya. Semoga masyarakat yang telah mendapat bantuan dapat melakukan aktifitas dan ibadah dengan lancar. Dan kami di akhir Ramadhan ini mengajak masyarakat Sumatera Utara agar dapat mempercayakan pengelolaan Zakat Infaq Sedekahnya kepada lembaga resmi pengelola zakat dan dana sosial kemanusiaan lainnya di bawah FOZ Sumut. Semoga para donatur dan calon donatur semakin tergerak dan bertambah jumlahnya agar semakin banyak orang yang dibantu. Aamiin", Pungkas Munawar.

Subscribe to receive free email updates:

loading...

0 Response to "Forum Zakat (FOZ) Sumut Sambut Hari Zakat Nasional : 56.907 Penerima Manfaat Selama Ramadhan Di Tengah Pandemi Covid-19"

Post a Comment