Pemenang Pilkada Jakarta, Presiden Selanjutnya? - Suara Medan | Info Medan Terkini

Pemenang Pilkada Jakarta, Presiden Selanjutnya?

Pemenang Pilkada Jakarta, Presiden Selanjutnya?SUARAMEDAN.com - Jakarta - Pilkada DKI Jakarta tahun 2017 menentukan siapa yang akan mejadi presiden Republik Indonesia selanjutnya. Pengamat politik Alfan Alfian mengatakan pilkada DKI Jakarta bermakna penting bagi partai politik pengusung kandidat. 

"Dampak dari pilkada DKI adalah siapa yang akan menang, dia akan memberi dampak ikutan psikopolitik dalam pilpres 2019," kata Alfan, Kamis, 9 Februari 2017, dalam seminar dan sosialisasi pilkada DKI, di Hotel Amaris, Pancoran, Jakarta.

Alfan mengatakan dampak psikopolitik yang ia maksud adalah pemenang pilkada DKI akan mempengaruhi pilihan masyarakat untuk mendukung tokoh tertentu dalam pilpres.

Dia menjelaskan, politik di Indonesia masih berbasis elitisme. Ini ditandai dengan kehadiran Agus Harimurti Yudhoyono yang dianggap sebagai bayangan SBY. "Dia muncul dari ranah elitisme politik SBY," kata Alfan.

Demikian juga dengan Ahok-Djarot yang dianggap mencerminkan elitisme Megawati dan Anies-Sandi yang dianggap merupakan bayangan elitisme Prabowo. "Maka tak salah kalau pilkada DKI ini kita lihat sebagai kontestasi para elite politik, (di antaranya) SBY, Mega, dan Prabowo," kata Alfan.

Pertarungan tiga pasangan calon akan memberi dampak politik terhadap pilpres 2019. Menurut Alfan, jika Agus menang, kemungkinan SBY akan menganggap Agus sebagai orang yang potensial dicalonkan dalam pilpres 2019. "Kalau AHY menang, SBY akan melihat punya jago untuk dipertimbangkan dalam pilpres 2019," kata Alfan.

Jika Anies yang menang, dampak psikopolitiknya akan berpengaruh kepada Prabowo. "Prabowo saya lihat masih sebagai tokoh yang potensial untuk pilpres 2019," kata Alfan

Subscribe to receive free email updates:

loading...

0 Response to "Pemenang Pilkada Jakarta, Presiden Selanjutnya?"

Post a Comment