Gempa Bumi Guncang Jawa Barat Bagian Selatan - Suara Medan | Info Medan Terkini

Gempa Bumi Guncang Jawa Barat Bagian Selatan


Hasil gambar untuk gempa bumi yang berkekuatan 5,2 skala richter mengguncang wilayah Jawa Barat bagian selatan.SUARAMEDAN.com - Jakarta.- Situs Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) belakangan ini sangat sering dikunjungi para netizen. Pasalnya Badan ini yang punya kewenangan dan data yang valid untuk menginformasikan tentang bencana alam di Indonesia acap kali mencatat tentang gempa bumi di beberapa bulan terakhir yang terjadi di Indonesia.


Terbaru, gempa bumi yang berkekuatan 5,2 skala richter mengguncang wilayah Jawa Barat bagian selatan.

Gempa ini terjadi pada pukul 01.53 WIB dini hari, Kamis (16/2), dan berpusat di Samudra Hindia. Tepatnya pada jarak 96 km arah barat daya Kota Bandung dengan kedalaman 61 km.

"Hasil monitoring BMKG hingga saat ini menunjukkan, belum terjadi gempa bumi susulan. Kepada masyarakat pesisir selatan Jawa Barat diimbau agar tetap tenang karena gempa ini tidak berpotensi tsunami," kata Daryono selaku Kepala Bidang Informasi Gempabumi dan Peringatan Dini Tsunami BMKG, Kamis (16/2) pagi.

Dampak gempa bumi ini berupa guncangan dirasakan di Bandung, Pangalengan, Pelabuhan Ratu, Ciamis, Pangandaran, dan Tasikmalaya.

Menurut Daryono, guncangan tersebut dirasakan banyak orang di lokasi tetapi belum menimbulkan kerusakan bangunan rumah. "Menurut laporan, beberapa warga terbangun dari tidur akibat guncangan yang terjadi dengan tiba-tiba."

Gempa tersebut, lanjut dia, merupakan gempa bumi skala menengah yang dipicu aktivitas subduksi lempeng di Zona Benioff.

Subscribe to receive free email updates:

loading...

0 Response to "Gempa Bumi Guncang Jawa Barat Bagian Selatan"

Post a Comment