Hasil Analisis, Ini Penyebab Suara Agus-Sylvi Jeblok - Suara Medan | Info Medan Terkini

Hasil Analisis, Ini Penyebab Suara Agus-Sylvi Jeblok


Hasil Analisis, Ini Penyebab Suara Agus-Sylvi Jeblok SUARAMEDAN.com - Pencoblosan pada Pemilihan Gubernur DKI Jakarta putaran pertama telah berkahir. Dari hasil Quick Count beberapa lembaga survey, diketahui pemenangan dalam Pilkada DKI ini adalah pasangan no 2 Ahok-Djarot dan Anies-Sandi. Sehingga Pilkada akan dilanjutkan di putaran kedua.


Dari hasil survey oleh lembaga survey LSI yang di komandoi Denny JA pada jam 16.30  dari data yang masuk, menyimpulkan, tingkat dukungan dari pasangan calon adalah sebagai berikut

- Agus dan Sylvi: 16.88 persen
- Ahok dan Basuki: 42.95 persen
- Anies dan Sandi: 40. 17 persen

Data juga menunjukkan Golput sekitar angka 23 persen.

Pasangan Ahok dan pasangan Anies maju ke putaran kedua. Pasangan Agus gugur di putaran pertama. Apa yang terjadi?

Konf pers LSI 5 hari sebelum pencoblosan, memprediksi 2 hal:

1) Pilkada berlangsung dua putaran
2) Dukungan calon berada dalam ambang batas:

Agus-Sylvi: 24.4- 39.6 persen
Ahok-Djarot: 27.2 - 39.2 persen
Anies-Sandi: 25.6- 38.4 persen

Quick count menunjukkan bahwa sesuai dengan prediksi, pilkada dua putaran terjadi. Namun dari sisi elektoral, Agus mendapatkan lebih kecil dari ambang batasnya. Sementara Ahok dan Anies mendapatkan lebih besar dari ambang batasnya.

Apa penyebab perubahan dalam lima hari setelah publikasi? Mengapa suara Agus lebih rendah dari ambang batas? Mengapa Ahok dan anies di atas ambang batas?

Ini beberapa isu yang memerlukan pengujian lebih lanjut.

Pertama, terjadi Efek Antasari. Ekpose berita soal Antarasi yang menyatakan SBY inisiator kriminalisasi dirinya menjadi berita besar. Itu isu berbau sensasional dan heboh. Berita ini digulirkan secara massif sehari sebelum pencoblosan. Twit war dan pro kontra terjadi, diblow up media sedemikian rupa.

SBY memang sudah memberikan jawaban, dan melaporkan Antasari ke jalur hukum.

Namun discourse SBY versus Antasari ternyata lebih banyak merugikan Agus. Suara Agus banyak beralih  ke Anies, dan terutama ke Ahok. Data quick count menunjukkan perubahan dukungan itu.

Kedua, Golput sekitar 23 persen. Ini lebih rendah dibanding pilkada DKI sebelumnya yang umumnya di atas 30 persen.  Yang datang ke TPS memang lebih besar dibanding pilkada sebelumnya. Namun Golput itu lebih banyak datang dari pendukung Agus yang mayoritas berasal dari segmen menengah bawah.

Dari studi Golput yang LSI lakukan terhadap kasus beberapa wilayah, golput umumnya datang dari pemilih menengah bawah.

Pemilih menengah bawah umumnya lebih potensial tak datang ke TPS karena beberapa alasan. Alasan ekonomi:  karena umumnya mereka punya upah harian. Jika ke TPS, ia akan hilang upah hariannya.

Alasan teknis: karena alasan problem administrasi surat menyurat dokumentasi kependudukan. Problem admin ini membuat mereka tak datang ke TPS.

Yang lainnya alasan politik. Umumnya kesadaran politik di segmen menengah bawah ini kurang partisipatif dalam politik.

Selamat kepada dua calon gubernur yang maju ke putaran kedua.


* DR Deny JA, Pendiri Lingkaran Survei Indonesia.

Subscribe to receive free email updates:

loading...

0 Response to "Hasil Analisis, Ini Penyebab Suara Agus-Sylvi Jeblok "

Post a Comment