Jangan Buang Biji Melon, Kalau Anda Tak Mau Menyesal ! - Suara Medan | Info Medan Terkini

Jangan Buang Biji Melon, Kalau Anda Tak Mau Menyesal !

SUARAMEDAN.com - Temuan menarik dalam bidang kesehatan juga diperoleh mahasiswa Fakultas Farmasi UGM. Zahrotul Ulum, Else Ifana Widyaputri, Fitriana Hayyu Arifah, dan Indra Lesmana meneliti potensi terpendam dari Biji Melon yang masih jarang dimanfaatkan oleh masyarakat.

“Ketersediaan biji melon yang melimpah percuma jika hanya terbuang saja sebagai limbah. Kandungan senyawa yang ada dalam biji melon yaitu alfa spinasterol dan stigmasta 7,22,25,trien 3-ol memiliki khasiat utama sebagai pencegah hiperlipidemia sehingga dapat menurunkan kemungkinan terjadinya Osteoporosis dan Hiperlipidemia pada Wanita Menopause,” jelas Zahrotul.

Untuk menguji manfaat biji melon, keempat mahasiswa ini mengolah biji melon dengan cara ekstraksi menggunakan etanol 96% untuk kemudian diujikan ke hewan uji, yaitu tikus dengan galur Sprague Dawley yang sebelumnya sudah diovariektomi. Perlakuan pemberian ekstrak dilakukan selama 30 hari, dan kemudian pada hari terakhir diambil sampel darah untuk dicek kadar lipid serta tulang femur untuk mengecek densitas tulang.

“Hasil penelitian diharapkan dapat menjadikan informasi bahwa memang biji melon memiliki khasiat untuk kedua penyakit tersebut. Melalui penelitian tersebut diharapkan kedepannya masyarakat bisa lebih memberdayakan biji melon, agar tidak terbuang secara sia-sia,” ujar Zahrotul.

sumber : ugm.ac.id

Subscribe to receive free email updates:

loading...

0 Response to "Jangan Buang Biji Melon, Kalau Anda Tak Mau Menyesal !"

Post a Comment