Atasi Kemiskinan, Kualitas SDM Harus Ditingkatkan - Suara Medan | Info Medan Terkini

Atasi Kemiskinan, Kualitas SDM Harus Ditingkatkan




SUARAMEDAN.com -  Buruknya Sumber Daya Manusia (SDM) dinilai sebagai salah satu faktor pendorong kemiskinan yang sampai saat ini tak pernah bisa diselesaikan. 

Anggota DPRD Kota Medan Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (FPKS) Rudiawan Sitorus, S. Fil.I, M.Pem.I menyampaikan hal ini saat Sosialisasi Produk Hukum Daerah Kota Medan II Perda Nomor 5 tahun 2015 tentang Penanggulangan kemiskinan yang dilaksanakan di dua lokasi Jalan Setia Luhur, Gg Milenium, Kelurahan Dwikora, Kecamatan Medan Helvetia dan Jalan Sei Batu Gingging, Kelurahan Merdeka, Kecamatan Medan Baru, Sabtu-Ahad (05-06/02/2022). 

"Salah satu faktor terjadinya kemiskinan adalah rendahnya Sumber Daya Manusia (SDM). Rendahnya SDM mengakibatkan lemahnya daya saing manusia Indonesia ditengah persaingan global saat ini, " ucap Rudiawan. 

Politisi yang juga menjabat sebagai Sekretaris DPD PKS Kota Medan mengatakan,  rendahnya SDM sangat erat kaitannya dengan kemiskinan. "Persoalan kemiskinan adalah persoalan keterampilan, rendahnya SDM mengakibatkan lemahnya keterampilan dan itu mengakibatkan lemahnya daya saing manusia Indonesia, " katanya. 

Untuk itulah, Rudiawan mengajak masyarakat Kota Medan untuk terus melakukan pembenahan dengan pembinaan sumber daya manusia yang lebih baik lagi. "Dengan keterampilan akan menciptakan daya saing. Dengan itu pula, peluang-peluang ekonomi akan terbuka bagi masyarakat," jelasnya. 

Pada BAB IV Pasal 9 disebutkan setiap warga miskin mempunyai hak atas kebutuhan pangan, pelayanan kesehatan, pelayanan pendidikan, pekerjaan dan berusaha, modal usaha, perumahan, air bersih dan sanitasi yang baik, mendapatkan lingkungan hidup yang baik dan sehat, rasa aman dari ancaman tindak kekerasan dan berpatisipasi dalam kehidupan sosial dan politik.

Subscribe to receive free email updates:

loading...

0 Response to "Atasi Kemiskinan, Kualitas SDM Harus Ditingkatkan"

Post a Comment