Dosen UMN Al Washliyah Sampaikan Pelatihan Pemanfaatan Buah Sukun Dalam Meningkatkan Kreativitas Usaha - Suara Medan | Info Medan Terkini

Dosen UMN Al Washliyah Sampaikan Pelatihan Pemanfaatan Buah Sukun Dalam Meningkatkan Kreativitas Usaha



SUARAMEDAN.com - Medan,-Dalam upaya meningkatkan kreativitas usaha, banyak hal yang dapat dilakukan diantaranya adalah dalam hal pengolahan bahan baku.  Buah sukun yang bernama latin Artocarpus altilis merupakan buah tropis yang bentuknya sekilas menyerupai buah nangka. 

Namun, buah sukun memiliki daging buah berwarna putih yang empuk dan manis. Buah sukun merupakan tanaman serba guna dan bernilai ekonomis yang banyak digemari karena bisa diolah menjadi berbagai macam camilan lezat, seperti sukun goreng, keripik, donat. Bahkan, sukun juga bisa diolah menjadi tepung untuk menjadi bahan makanan lainnya.

Jika dibandingkan dengan makanan sumber karbohidrat lainnya, seperti beras dan kentang, buah sukun mengandung mineral dan vitamin yang lebih banyak dan lengkap, tetapi nilai kalorinya lebih rendah. Hal ini membuat sukun cocok dikonsumsi sebagai makanan diet.

Hal ini disampaikan oleh tim dosen dari Fakultas Ekonomi dan Fakultas Pertanian yang dipimpin oleh ibu Sriwardany, SE., M.Si dan Dita Deviana Fadhilah, STP., MP sebagai anggota bersama dengan beberapa orang mahasiswa dalam acara pengabdian masyarakat  yang dilaksanakan pada hari Kamis-Jum’at tanggal 10-11 November 2022 di Aula Maktab PWBI Kelurahan Kwala Bekala Kecamatan Medan Johor. 

Kegiatan tersebut dilaksanakan bekerjasama dengan Persatuan Wirit Batak Islam (PWBI) yang anggotanya merupakan para ibu rumah tangga dan pedagang dengan mengusung tema tentang pemanfaatan buah sukun dalam meningkatkan kreativitas usaha.

"Tujuan dan hasil kegiatan ini adalah untuk menambah hasanah ilmu dan wawasan khususnya para masyarakat terutama ibu rumah tangga dalam upaya pemanfaatan buah sukun dalam mengolah bahan makanan yang bergizi dan bernilai ekonomis. Dengan demikian, buah sukun  dapat dijadikan sebagai alternatif  yang dapat meningkatkan kreatifitas dan prospek usaha yang menguntungkan," kata Sriwardany.

Dalam kesempatan tersebut, pihaknya menyampaikan terimakasih atas terselenggaranya kegiatan tersebut. "Alhamdulilah kegiatan pengabdian masyarakat ini berjalan dengan lancar, sesuai dengan harapan pengabdi," Sriwardany yang juga dosen di prodi Akuntansi. 

Dalam kegiatan tersebut, Ketua PWBI  Dra. Siti Rachimah menyambut baik acara pengabdian ini dan mengucapkan terima kasih "Kami dari PWBI menyampaikan dengan adanya kegiatan ini dapat menambah wawasan, pengetahuan, dan keterampilan ibu-ibu PWBI Kwala Bekala dalam memanfaatkan buah sukun dengan berbagai kreatifitas olahan yang bernilai ekonomis. Dan juga diharapkan dapat menularkan pengetahuan ini kepada keluarga dan orang lain yang belum mengetahuinya," katanya.

Subscribe to receive free email updates:

loading...

0 Response to "Dosen UMN Al Washliyah Sampaikan Pelatihan Pemanfaatan Buah Sukun Dalam Meningkatkan Kreativitas Usaha"

Post a Comment