Poros Baru PKS-Demokrat di Pilkada Medan ? - Suara Medan | Info Medan Terkini

Poros Baru PKS-Demokrat di Pilkada Medan ?

SUARAMEDAN.com - Medan,-Dinamika peta politik Kota Medan semakin samar dan menarik untuk diikuti bersama menjelang pilkada serentak yang akan dilaksanakan pada Desember 2020 ini. Hal itu terjadi setelah beberapa hari yang lalu terjadi pertemuan antara petinggi partai Demokrat dan PKS di tingkat Pusat. 

Kunjungan ke Cikeas tersebut bertajuk silaturahim kebangsaan, Presiden PKS Sohibul Iman datang bersama Sekretaris Jenderal PKS Mustafa Kamal, Bendahara Umum Mahfudz Abdurrahman, Ketua Pemenangan Pemilu dan Pilkada Chairul Anwar dan Ketua Fraksi PKS Jazuli Juwaini.

Mengenai Pilkada 2020, Shohibul Iman mengatakan bahwa akan ada tindak lanjut dari kedua partai untuk membicarakan peluang koalisi di beberapa tempat dan memetakan wilayah yang menjadi kekuatan PKS dan Demokrat.

"PKS secara khusus memberikan kebebasan koalisi di Pilkada ini dengan partai manapun tergantung suasana kebatinan di wilayah itu. Kalau PKS memang nyaman di daerah itu dengan Demokrat, ya kita dorong," tuturnya. 

Lebih lanjut, Sohibul mengatakan, tak hanya dengan Partai Demokrat, PKS terbuka kepada partai lain yang ingn berkerja sama di Pilkada 2020. 

Pernyataan tersebut menurut pendapat sejumlah pengamat politik cukup memberi sinyal bagi khalayak soal peluang-peluang kemungkinan terjadinya koalisi di tingkat daerah, salah satunya di Kota Medan yang juga akan menggelar pilkada walikota pada Desember 2020 mendatang. 

Seperti diketahui bersama di kota Medan PKS memiliki 7 kursi DPRD, sementara Demokrat memiliki 4 kursi DPRD. Jika terjadi koalisi di tingkat kota Medan maka jumlah kursi PKS-Demokrat cukup untuk mengantarkan kader-kader terbaiknya sebagai bakal calon walikota Medan.

“Jika terjadi koalisi PKS-Demokrat, tentu akan menjadi warna baru dalam konstelasi politik yang berkembang di kota Medan. Akan muncul kutub baru di luar PDIP dan Gerindra yang masing-masing memiliki kursi yang cukup untuk mengusung calonnya sendiri tanpa harus berkoalisi,” ujar Wasis, peneliti Indekstat Indonesia.

Sementara di lain kesempatan, Salman Alfarisi, Lc, MA. Plt Ketua DPD PKS Kota Medan juga menyambut positf  wacana tersebut. Salman mengatakan potensi munculnya poros baru PKS-Demokrat di kota medan, tentu menandakan bahwa demokrasi di kota Medan masih sangat sehat. 

“Sebetulnya komunikasi antara PKS dan Demokrat sudah berlangsung sejak lama, bahkan sebelum masa pandemi terjadi. Kita cukup sering berdialog dengan Demokrat untuk menjajaki kemungkinan-kemungkinan berkoalisi di Pilkada Kota Medan. Apalagi jika dijumlahkan, kursi PKS-Demokrat cukup untuk memajukan pasangan calon sendiri.” Ujar Salman.

Terkait pencalonan dirinya sebagai bakal calon walikota Medan oleh PKS, Salman mengatakan bahwa hal ini adalah ujian tersendiri bagi dirinya. Karena sudah barang tentu amanah sebagai walikota Medan jika dirinya terpilih nanti merupakan tanggung jawab yang amat besar. Terutama dalam menyelesaikan beberapa PR yang belum terselesaikan oleh walikota-walikota sebelumnya. Meskipun demikian, Salman mengatakan bahwa PKS siap berkontestasi dalam pilkada kota Medan tahun ini.      

“Secara umum, PKS baik struktural partai maupun para kader di tingkat bawah sangat siap dan bersemangat untuk menghadapi Pilkada Kota Medan. Bahkan setiap kader PKS Kota Medan sudah mulai menabung sejak 2 tahun yang lalu dalam bentuk Tabungan Pemilu untuk mendanai perjuangan merebut Medan 1. Karena kami menilai, kita harus berkontribusi langsung dalam menyelesaikan permasalahan-permasalahan kota Medan, serta dalam membangun kota Medan menjadi lebih nyaman untuk dihuni warganya. Sehingga sebagai salah satu Kota terbesar di Indonesia, tidak tertinggal dari kota-kota besar lainnya.” Imbuh Salman.

Subscribe to receive free email updates:

loading...

0 Response to "Poros Baru PKS-Demokrat di Pilkada Medan ?"

Post a Comment