Salman Terkejut, RPH Medan Tak Bisa Menjamin Kehalalan Daging Di Medan - Suara Medan | Info Medan Terkini

Salman Terkejut, RPH Medan Tak Bisa Menjamin Kehalalan Daging Di Medan

Salman Terkejut, RPH Medan Tak Bisa Menjamin Kehalalan Daging Di Medan
SUARAMEDAN.com - Dirut PD RPH Tidak Bisa Jamin Kehalalan Daging di Medan

Medan,  Direktur Utama Perusahaan Daerah Rumah Potong Hewan (PD RPH) Kota Medan Isfan Fachruddin mengungkapkan bahwa pihaknya tidak menjamin daging yang beredar di pasaran Kota Medan halal.

"Diperkirajan 80 persen daging yang beredar di pasaran Kota Medan yang tidak melakukan pemotongan melalui PD RPH. Jadi kami menyangsikan kehalalan daging yang beredar di Kota Medan  terutama daging dari luar kota Medan," jelasnya dalam rapat dengar pendapat di Komisi C DPRD Medan, Senin (23/01/2017).

"Jadi bagaimana kami menjamin kalau daging itu halal?" ujar Isfan di hadapan anggota Komisi C.

Mendengar pernyataan Dirut PD RPH Kota Medan ini, Anggota Komisi C DPRD Medan H.Salman Alfarisi Lc, MA mengaku terkejut.

"Pengakuan Dirut PD Pasar bisa menjadi isu besar di Kota Medan," jelas Salman.

Ia juga mengatakan pengakuan Dirut PD RPH ini juga sekaligus menjadi permasalahan Pemko Medan soal jaminan penyediaan daging halal di Medan.

"Ini menjadi persoalan serius Pemko Medan soal ketersediaan daging halal di Kota Medan," jelasnya Politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) DPRD Kota Medan

Terkait persoalan ini, Salman menyarankan PD RPH membuat cabang, sekurang kurangnya empat cabang yang memungkinkan pemotongan lebih mudah.

"Idealnya PD RPH membuat empat cabang di Medan sehingga memudahkan masyarakat melakukan pemotongan hewan ternaknya. Misalnya saja, kami dari kawasan Johor dan Sunggal tidak mungkin membawa ternaknya ke Mabar, jelas biayanya sangat besar, " jelasnya.

Dikatakannya, guna mendukung ketersediaan daging halal ini PD RPH dan PD Pasar bisa membuat regulasi.

Subscribe to receive free email updates:

loading...

0 Response to "Salman Terkejut, RPH Medan Tak Bisa Menjamin Kehalalan Daging Di Medan"

Post a Comment