Belum Adanya Kesadaran Warga Salah Satu Penyebab Persoalan Sampah di Medan Belum Tuntas - Suara Medan | Info Medan Terkini

Belum Adanya Kesadaran Warga Salah Satu Penyebab Persoalan Sampah di Medan Belum Tuntas


SUARAMEDAN.com
- Medan,- Persoalan sampah di Kota Medan sampai hari ini belum tuntas. Banyak diantaranya warga yang membuang sampah di sembarang tempat. Persoalan buruknya pengelolaan sampah di Kota Medan salah satunya diakibatkan oleh belum adanya kesadaran warga tentang pentingnya menjaga kebersihan.

Penilaian ini disampaikan Anggota DPRD Medan Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (FPKS), Irwansyah S.Ag, S.H, saat menyampaikan sosialisasi Peraturan Daerah (Perda) Nomor 6 Tahun 2015 tentang Pengelolaan Persampahan.

"Banyak persoalan yang menyebabkan permasalahan sampah sampai hari ini belum tuntas, salah satu yang perlu kita perhatikan adalah belum adanya kesadaran warga tentang pentingnya menjaga kesehatan dan kebersihan lingkungan," jelas Irwansyah  dalam sosialisasi Perda nomor 6 Tahun 2015 tentang Pengelolaan Persampahan di Jalan Adi Negoro Gg Juki Lingkungan I, Kelurahan Gaharu Kecamatan Medan Timur, Sabtu (27/02/2021).

Politisi PKS asal Dapil 3 Kota Medan ini mengatakan, jika masyarakat memahami pentingnya kebersihan dan kesehatan maka persoalan persampahan ini bisa mudah diatasi. "Kebersihan dan kesehatan itu mutlak kita lakukan. Sebagai masyarakat yang beragama Islam sejak dini telah ditanamkan soal kebersihan dan hidup sehat. Dengan konsep ini saja, seharusnya masyarakat bisa memahami pentingnya menjaga kebersihan," ucapnya.

Dalam kesempatan tersebut, Irwansyah mengajak masyarakt Kota Medan dapat menjaga kebersihan dan kesehatan dengan memulai dari diri sendiri. "Mari kita mulai dari diri sendiri. Saya yakin, jika setiap individu warga Medan memulai kesadaran menjaga kebersihan dari diri sendiri maka Perda ini selayaknya tidak perlu ada," jelasnya seraya mengatakan kondisi Pandemi covid-19 hari ini, membuktikan bahwa kita memerlukan kebersihan.

Disinggung terkait adanya sanksi baik administrasi, denda dan hukuman bagi pelanggar Perda ini, Irwansyah menilai sanksi tersebut belum bisa efektif dilaksanakan. "Soal sanksi ini perlu adanya keseimbangan. Sampai hari ini Pemko Medan belum mampu memberikan fasilitas memadai untuk pengelolaan persampahan. Jadi Sanksi ini belum efektif dilaksanakan terkeculai Pemko Medan sudah memberikan fasilitas dan penunjang dalam pengelolaan persampahan ini," jelasnya.

Dalam kesempatan tersebut, Julianti Warga di Jalan Adi Negoro Medan mengatakan jika 

pelayanan Pemko sudah semakin bagus makan penegakan bisa dibuat. "Jika pemko masih banyak kekurangannya sepertinya juga tidak akan efektif," jelasnya.

Subscribe to receive free email updates:

loading...

0 Response to "Belum Adanya Kesadaran Warga Salah Satu Penyebab Persoalan Sampah di Medan Belum Tuntas"

Post a Comment