Ini Dia Kebijakan Baru HAMAS Untuk Pertama Kalinya - Suara Medan | Info Medan Terkini

Ini Dia Kebijakan Baru HAMAS Untuk Pertama Kalinya

Hasil gambar untuk hamasSUARAMEDAN.com - Palestina.- Kelompok militan Palestina Hamas meluncurkan dokumen kebijakan barunya. Ini pertama kalinya Hamas menyatakan kesediaannya untuk menerima negara Palestina sementara dalam batas-batas sebelum 1967, tanpa mengakui Israel.

Perubahan kebijakan ini pertama kalinya setelah pendiriannya. Perubahan itu juga mencakup klausul bahwa Hamas berjuang melawan pendudukan agresor Zionis, bukan melawan Yahudi. Dalam piagam sebelumnya tahun 1988 Hamas dikecam karena pembahasaan anti-Yahudi.

Selama bertahun-tahun, Hamas dikritik karena klausul anti-Yahudi-nya dalam piagamnya. Hamas dianggap anti-semit karena itu. Dalam piagam itu disebutkan perlunya melawan orang-orang Yahudi yang melakukan pendudukan. Dan mengutip sebuah hadis, "Hari penghakiman tidak akan terjadi sampai Muslim melawan orang-orang Yahudi (membunuh orang-orang Yahudi).

Ini juga mengacu pada perampasan Yahudi dan menuduh orang Yahudi mengendalikan media dunia. Hamas juga menuduh Yahudi berada dibalik Revolusi Prancis. Di mana dikendalikan oleh komunitas rahasia dan negara-negara imperialis.

Dokumen tersebut dipandang sebagai usaha Hamas yang kini menguasai Gaza untuk melunakkan citranya. "Dokumen itu memberikan kesempatan kepada kami agar terhubung dengan dunia luar," kata juru bicara Hamas Fawzi Barhoum, menurut BBC, Selasa (2/5).

"Kepada dunia kami sampaikan, kami tidak radikal. Kami organisasi pergerakan yang pragmatis dan beradab. Kami tidak membenci Yahudi. Kami hanya berjuang melawan siapa saja yang menduduki tanah kami dan membunuh orang-orang kami."

Selama ini sayap militer Hamas dicap sebagai teroris oleh Israel, Amerika Serikat (AS), Uni Eropa, Inggris dan lainnya. Sementara salah seorang juru bicara Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu, David Keyes, mengecam tindakan Hamas tersebut hanya untuk menipu pandangan dunia terhadapnya.

"Mereka mencoba untuk menipu dunia, tapi itu tidak akan berhasil. Mereka menciptakan terowongan teror dan telah meluncurkan ribuan rudal ke masyarakat sipil Israel. Ini adalah Hamas yang sebenarnya," ujarnya.

Ada yang berbeda dari dokumen baru tersebut. Dokumen itu tidak menyebutkan organisasi induk Hamas Ikhwanul Muslimin. Di mana IM menjadi gerakan Islam yang dilarang di Mesir, bahkan dianggap sebagai kelompok teroris.

Beberapa analis menyebutkan tidak dicantumkannya IM dalam piagam baru Hamas bertujuan untuk memperbaiki hubungan mereka dengan dunia luar. Termasuk negara-negara seperti Mesir dan negara-negara Teluk Arab yang melarang IM.

Dokumen baru itu menurut Hamas tidak menggantikan piagam. Hanya menerima pendirian negara Palestina di wilayah yang diduduki oleh Israel pada tahun 1967. Ini dianggap sebagai panggung pembebasan semua wilayah Palestina yang bersejarah di sebelah barat sungai Yordania.

Sebuah pergeseran nyata dalam posisi Hamas. Karena sebelumnya, pihaknya menolak kompromi teritorial. Akan tetapi, dokumen tersebut juga menyatakan, bahwa Hamas bukan berarti mengakui hak Israel di bagian manapun di tanahnya. Tidak berarti pula mereka tidak menganjurkan kekerasan terhadap Israel.

Gaza telah diblokade Israel dan Mesir selama dekade terakhir. Sehingga dicegah melakukan serangan di wilayah tersebut. Akibatnya, perekonomiannya mengalami kelumpuhan. Sekitar 1,9 juta penduduk mengalami kesulitan dalam kehidupan sehari-harinya.

Sementara itu, hubungan Hamas dengan Mesir baru saja membaik akhir-akhir ini. Setelah wakil pemimpinnya Ismail Haniya melakukan kunjungan ke Kairo pada awal tahun ini.

Israel telah menduduki Tepi Barat, Gaza, dan Yerussalem Timur sejak perang Timur Tengah pada 1967. Kemudian menarik pasukan pendudukannya dari Gaza pada tahun 2005, namun mengendalikan ruang udara, perimeter utara, timur dan perairan di sekitarnya.

Peluncuran dokumen baru itu tepat sebelum Presiden otoritas Palestina yang berbasis di Tepi Barat Mahmoud Abbas melakukan kunjungan ke Gedung Putih. Abbas akan bertemu dengan Presiden AS Donald Trump akhir pekan ini.

Subscribe to receive free email updates:

loading...

1 Response to "Ini Dia Kebijakan Baru HAMAS Untuk Pertama Kalinya"

  1. Pengen Uang Tambahan !!!
    Ayo Coba agen terpercaya kami hanya di B-O-L-A-V-I-T-A
    Untuk keterangan lebih lanjut, segera hubungi kami di:
    BBM: BOLAVITA & D8C363CA (NEW)
    WHATSAPP : 081377055002

    ReplyDelete