Romo: Kekuasaan Politik Berpengaruh Dalam Upaya Penegakan Independensi dan Akuntabilitas - Suara Medan | Info Medan Terkini

Romo: Kekuasaan Politik Berpengaruh Dalam Upaya Penegakan Independensi dan Akuntabilitas

Romo: Kekuasaan Politik Berpengaruh Dalam Upaya Penegakan Independensi dan Akuntabilitas


SUARAMEDAN.com -Penegakan independensi dan akuntabilitas peradilan di Indonesia tergantung pada goodwill dari pemegang kekuasaan politik di negeri ini.

Hal itu disampaikan Anggota DPR RI H Raden Muhammad Syafii SH M.Hum dalam Seminar Nasional dan Konsolidasi Dekan FH Perguruan Tinggi Muhammadiyah (PTM) Se-Indonesia dengan tema "Independensi dan Akuntabilitas Peradilan di Indonesia" yang diselenggarakan Selasa (25/4) di Aula Gedung PascaSarjana Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, Jalan Denai Medan.

"Kita tahu bersama bahwa era independensi peradilan resmi dimulai sejak diberlakukannya UU 35 tahun 1999. Sedangkan era Akuntabilitas Peradilan dimulai sejak ada UU no. 22 tahun 2004." Ujarnya.

Romo menjelaskan bahwa kekuasaan politik berpengaruh dalam upaya penegakan independensi dan akuntabilitas. Ia mencontohkan kekeliruan masyarakat menggunakan istilah RI1. Sehingga seolah apapun prilaku dari Presiden meskipun melanggar UU tidak dianggap bersalah malah didukung padahal itu adalah sesuatu keliru.

"Jadi, bagaimanapun masalah itu termasuk masalah KY, kalau puncak pemegang kekuasaan punya goodwill maka itu semua bisa dilakukan." Tandasnya.

Seminar Nasional dan Konsolidasi Dekan Fakultas Hukum PTM Se-Indonesia, Selasa (25/4) diakhiri dengan Deklarasi dukungan publik untuk mewujudkan independensi dan akuntabilitas peradilan dalam mewujudkan peradilan bersih.

Deklarasi ini dibacakan koalisi masyarakat sipil Sumut bersama Forum Dekan FH PTM se Indonesia. Dalam pernyataannya, mereka meminta  agar dunia peradilan membuktikan kinerja dan integritasnya untuk meriah kembali kepercayaan publik.

Selain itu, mereka mendesak agar segala pihak khususnya DPR dan Pemerintah menyelesaikan tugas mereka membahas RUU Jaminan Halal.

Mereka juga berharap adanya konsep Shared Responsibility menjadi acuan akuntabilitas. Mereka juga mengapresiasi DPR dan mendukung agar tetap menjadi mewakilii suara rakyat.




Subscribe to receive free email updates:

loading...

0 Response to "Romo: Kekuasaan Politik Berpengaruh Dalam Upaya Penegakan Independensi dan Akuntabilitas"

Post a Comment