Rektor Universitas Imam Ryadh Arab Saudi Resmikan LIPIA Cabang Medan - Suara Medan | Info Medan Terkini

Rektor Universitas Imam Ryadh Arab Saudi Resmikan LIPIA Cabang Medan

SUARAMEDAN.com - Medan,-Rektor Universitas Imam Ryadh Arab Saudi, Prof Dr Sulaiman Abal Khayl resmi membuka Ma'hadul Ulum Islamiyyah wal Arabiyah atau Lembaga Ilmu Pengetahuan Islam dan Arab (LIPIA) cabang Medan, di Jalan Prof.HM Yamin SH, Kota Medan, Senin (10/04/2017) siang.

Dibukanya LIPIA cabang Kota Medan merupakan realisasi dari janji LIPIA yang akan membuka cabang di tiga Kota besar di Indonesia pada akhir 2016 silam. Tiga kota tersebut diantaranya Medan, Surabaya dan Makassar.

Dalam sambutannya,  yang diterjemahkan Ustadz Nurkholis, Prof Dr Sulaiman Abal Khayl mengatakan pembukaan LIPIA cabang Kota Medan merupakan kesungguhan dari Kerajaan Arab Saudi dibawah kepemimpinan Raja Salman dalam memberikan pelayanan bagi umat islam di seluruh dunia.

"Dibukanya LIPIA cabang Kota Medan Sumatera Utara merupakan wujud kesungguhan dari kunjungan Khadimul-haramain As-Syarifain  Raja Salman bin Abdul Aziz Al Saud ke Indonesia beberapa waktu lalu," jelasnya

Didampingi Kepala LIPIA Cabang Medan, Sheikh Ayidh Ashoidi, Prof Dr Sulaiman Abal Khayl  mengatakan Kerajaan Arab Saudi  dibawah kepemimpinan Raja Salman bin Abdul Aziz Al Saud akan terus bekerja sekuat mungkin menjaga urusan kaum muslimin dimanapun berada.

"Ini adalah bentuk kesungguhan Kerajaan Arab Saudi dibawah kepemimpinan Raja Salman yang mulia dalam menjaga urusan kaum muslimin dimanapun berada," jelasnya.

Pria yang juga anggota dewan ulama senior Arab Saudi serta pejabat tinggi setingkat menteri mengatakan tujuan dibukanya LIPIA cabang Kota Medan diantaranya sebagai upaya membumikan ajaran islam yang rahmatan lil alamin.

"Dibukanya LIPIA cabang Kota Medan salahsatunya adalah sebagai upaya menyebarkan konsep islam yang rahmatan lil alamin. Kami juga mengajak untuk memerangi terorisme dan radikalisme  serta faham yang rusak," terangnya.

Prof Dr Sulaiman Abal Khayl juga mengatakan lembaga pendidikan ini merupakan sarana untuk mempersiapkan anak didik belajar Bahasa Arab selama dua tahun secara gratis, sebelum melanjutkan pendidikan S1 di Lipia Jakarta atau ke Universitas Imam Arab Saudi.

"Kita memberikan apa yang dibutuhkan oleh mahasiswa, baik silabusnya dan lainnya. Kita mengajarkan sesuai dengan syariat agama Islam," jelasnya.

Lipia membuat terobosan pendidikan tingkat internasional yang baru yang tidak mengutip biaya sama sekali dari anak didiknya. Padahal, lembaga pendidikan tingkat internasional lainnya membandrol biaya pendidikan selangit yang umumnya tidak dapat dijangkau oleh pribumi.

Sementara itu, Kepala LIPIA Cabang Medan, Sheikh Ayidh Ashoidi mengucapkan terimakasihnya atas dukungan Pemerintah Sumatera Utara yang telah mendukung keberadaan LIPIA Cabang Kota Medan ini. "Kami berterimakasih atas dukungan yang diberikan oleh Pemerintah Indonesia terhadap berdirinya LIPIA cabang Medan," jelasnya.

Dikatakannya, dukungan ini ditunjukan dengan diberikannya tanah seluas 3 Ha untuk pembangunan Kampus LIPIA cabang Medan di Sumatera Utara.

Sementara itu, H.Salman Alfarisi Lc, MA yang merupakan lulusan Universitas Islam Madinah yang hadir dalam peresmian kampus LIPIA Cabang Kota Medan menyambut baik dibukanya LIPIA Cabang Kota Medan ini.

"Kita sangat mendukung dibukanya Ma'hadul Ulum Islamiyyah wal Arabiyah (LIPIA) di Kota Medan ini, semoga bisa membawa kebaikan  dan keberkahan bagi Kota Medan," jelasnya.

Salman yang juga anggota DPRD kota Medan mengharapkan generasi Muda Kota Medan bisa memanfaatkan kesempatan ini untuk menimba ilmu agama islam dan bahasa arab di LIPIA Cabang Medan.

"Kita sangat yakin bahwa pendidikan Islam khusunya bahasa arab di LIPIA ini memiliki kualitas yang lebih baik dibanding dengan pendidikan bahasa arab yang ada selama ini," jelasnya.

Sementara itu, Dosen LIPIA, Abdullah Jawawi mengungkapkan untuk menghasilkan pendidikan Bahasa Arab yang berkwalitas, pihaknya menghadirkan dosen langsung dari Arab Saudi. Selain itu, seluruh kelasnya sudah disediakan AC. "Kami berani adu, anak didik kami di Lipia ini dengan mahasiswa S1 pendidikan Bahasa Arab dari universitas lokal di Indonesia," katanya.



Subscribe to receive free email updates:

loading...

0 Response to "Rektor Universitas Imam Ryadh Arab Saudi Resmikan LIPIA Cabang Medan"

Post a Comment