Rahmawati Cs Laporkan Kapolri ke Mahkamah Internasional - Suara Medan | Info Medan Terkini

Rahmawati Cs Laporkan Kapolri ke Mahkamah Internasional


Hasil gambar untuk mahkamah internasional di swissSUARAMEDAN.com - Jakarta. Buntut dari tuduhan makar yang dilancarkan pihak Kepolisian Republik Indonesia yang di pimpin Tito Karnavian kepada sejumlah aktifis di Tanah Air, Pengacara Rahmawati, Cs, Dahlia Zein akan melaporkan Tito dan Kapolda DKI Jakarta, M. Iriawan ke Mahkamah Internasional.


Hal itu dilakukan karena Intitusi penegak Hukum di tanah Air tersebut di anggap telah melakukan kesalahan besar dalam penetapan Rahmawati. Cs sebagai pelaku makar yang bertepatan dengan peristiwa Aksi Damai 212.

Dahlia akan mendaftarkan gugatan tersebut ke pengadilan internasional yang berada di Swiss.

Menanggapi hal tersebut, Kabagpenum Divisi Humas Polri Kombes Martinus Sitompul mengatakan harusnya sebelum menggugat ke pengadilan internasional lakukan praperadilan terlebih dahulu. Kendati demikian polisi sendiri tidak mempersalahkan terkait gugatan itu.

"Ada baiknya bahwa pelaporan itu harusnya diuji melalui praperadilan bukan ke Mahkamah Internasional," kata Martinus di Mabes Porli, Jakarta Selatan, Senin (3/4).

Martinus menjelaskan Indonesia memiliki mekanisme tersendiri untuk menguji suatu perbuatan hukum. Yakni melalui mekanisme Praperdilan yang bisa diajukan siapa saja bagi mereka yang merasa proses hukumnya tidak sesuai dengan KUHAP.

"Kita punya mekanisme itu untuk melakukan upaya menguji sebuah perbuatan hukum, konsekuensi hukum ada ujiannya, ujinya di praperadilan. Silakan saja kami siap menghadapinya," kata Martinus.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Raden Probowo Argo Yuwono mengatakan saat ini penyidik masih melakukan pemberkasan perkara dugaan makar pada 2 Desember 2016 lalu. Jika sudah lengkap kata dia, penyidik akan segera menyerahkan kepada jaksa penuntut umum (JPU).
"Saat ini masih dalam penyusunan berkas. Nanti berkas selesai kita ajukan ke JPU," kata Argo.

Subscribe to receive free email updates:

loading...

0 Response to "Rahmawati Cs Laporkan Kapolri ke Mahkamah Internasional"

Post a Comment