dr. Halimah Agustina Pasaribu : Begini Tips Ketika Anda Tersedak Makanan - Suara Medan | Info Medan Terkini

dr. Halimah Agustina Pasaribu : Begini Tips Ketika Anda Tersedak Makanan

dr. Halimah Agustina Pasaribu : Begini Tips Ketika Anda Tersedak Makanan
dr.Halimah Agustina Pasaribu

SUARAMEDAN.com -Kesehatan merupakan satu hal yang sangat berharga yang harus tetap dijaga. Hanya saja terkadang kita juga diberi keadaan sakit secara tiba tiba, demikian tutur dr.Halimah Agustina Pasaribu yang saat ini bertugas di Klinik Katapang Bandung, beliau juga merupakan sosok yang aktif di sebuah Lembaga Kemanusiaan Nasional yaitu sosok Relawan Bulan Sabit Merah Indonesia yang telah turut berjibaku di dalam kegiatan-kegiatan sosial kemanusiaan guna menolong sesama baik daerah pelosok maupun daerah berdampak Bencana.

Berikut adalah tips buat anda semua untuk memberikan penanganan awal saat beberapa keadaan sakit darurat menimpa anda di rumah.

Tips ketika anda tersedak makanan

Banyak kematian anak-anak karena tersedak dikarenakan ketidaktahuan ibu atau baby sitter dalam menangani keadaan anak yang tersedak.

Jika anda atau orang lain disekitar anda tersedak, anda dapat melalukan manuver heimlich yaitu dengan memeluk dari bagian belakang dan menempatkan kepalan kedua tangan anda di daerah perut tengah atas (ulu hati) lalu melakukan dorongan dengan kepalan tadi kearah dalam dan atas perut dengan hentakan yang kuat dan dapat diulang beberapa kali selama yang tersedak masih sadar. 

gambar/ilustrasi

Jika benda yang tersedak tidak keluar segera bawa ke rumah sakit. Penanganan pada bayi dan anak yang tubuhnya kecil sedikit berbeda tetapi tujuannya sama.

Yaitu dengan meletakkan anak bayi di lengan anda di atas paha dengan posisi tengkurap dan bagian kepala lebih rendah, lalu menepuk punggung anak bayi kearah atas dengan hentakan yang cukup keras, dapat diulang beberapa kali.

Jangan lupa untuk menopang rahang bawah agar mulut tetap terbuka saat melakukan menuver ini pada bayi. Jika benda yang tesedak belum keluar setelah beberapa kali dilakukan manuver atau yang tersedak pingsan maka segera bawa ke rumah sakit.

gambar/ilustrasi

Jika anda sendirian dan tidak ada orang disekitar anda, anda dapat mengganti kepalan tangan menjadi benda yang ada disekitar anda seperti bagian sandaran kursi yang dapat dijadikan sandaran untuk menghentakkan bagian perut.

gambar/ilustrasi

Demikian tips untuk penanganan awal ketika anda tersedak makanan dirumah. Semoga bermanfaat.

Sumber : bsmisumut.com

Subscribe to receive free email updates:

loading...

0 Response to "dr. Halimah Agustina Pasaribu : Begini Tips Ketika Anda Tersedak Makanan"

Post a Comment