Mengenal Sosok Ketua MUI, KH. Ma'aruf Amin - Suara Medan | Info Medan Terkini

Mengenal Sosok Ketua MUI, KH. Ma'aruf Amin


Mengenal Sosok Ketua MUI, KH. Ma'aruf AminSUARAMEDAN.com - Nama besar KH. Ma'aruf Amin sudah tidak asing lagi di Indonesia. Siapa yang tak mengenal sosok ulama kharismatik yang telah menjaga marwah Ulama di Indonesia dari tekanan maupun pengaruh pihak luar yang ingin menodai kemurnian Islam di negeri tercinta ini.


Dilansir laman mui.or.id, KH. Ma’ruf Amin lahir di Tangerang Banten pada tanggal 11 Maret 1943. Beliau adalah seorang ulama besar sekaligus politisi di Indonesia yang sangat berpengaruh.

Beliau juga pernah mengemban jabatan anggota Dewan Pertimbangan Presiden sejak 2007 hingga 2010.

Dalam perjalanan karirnya, beliau pernah menjabat posisi penting seperti Ketua Fraksi Golongan Islam DPRD DKI Jakarta, anggota MPR-RI dari PKB, ketua komisi VI DPR-RI. Dan dalam ormas keagamaan beliau saat ini mengemban amanat sebagai Rais Amm PBNU 2015 – 2020.

KH Ma’ruf Amin termasuk ulama ahli fiqh yang disegani. Ia ulama multitalenta yang menguasai banyak persoalan disamping ilmu fiqh. Ia dikenal responsif menghadapi berbagai persoalan umat. Pria yang sering menyampaikan fatwa–fatwa MUI ini memang cukup lama menjadi pengurus Komisi Fatwa MUI Pusat dari tahun 2000 sampai 2007.

Selain itu, dalam perbankan, beliau juga ikut terlibat dalam mengemban berbagai jabatan dalam dewan pengawas syariah diberbagai bank dan asuransi syariah. Di antaranya Bank Muammalat, Bank BNI Syariah, dan Bank Mega Syariah.

KH. Ma’ruf Amin merupakan keturunan Syaikh Nawawi Banten (Cicit Syekh Nawawi Banten) mengenyam pendidikan di Pondok Pesantren Tebu Ireng, Jombang, dan menyelesaikan kuliah di Universitas Ibnu Khaldun Bogor. Ia menerima penganugerahan Gelar Doktor Kehormatan (Doktor Honoris Causa) dalam bidang Hukum Ekonomi Syariah dari UIN Syarif Hidayatullah Jakarta pada tahun 2012.

MUI dalam kepemimpinan HC Dr. Ma’ruf Amin diharapkan bisa menjadi pertemuan dua arus sungai besar di Indonesia yakni Islam Nusantara dan Islam Berkemajuan.

Riwayat Pendidikan KH Ma’ruf Amin
1. Pondok Pesantren Tebu Ireng, Jombang
2. Universitas Ibnu Khaldun Bogor
Karir
1. Anggota Dewan Pertimbangan Presiden Bidang Hubungan Antar Agama (2010 – 2014)
2. Anggota Dewan Pertimbangan Presiden Bidang Kehidupan Beragama (2007-2009)
3. Anggota Koordinator Da’wah (KODI) DKI Jakarta
4. Anggota BAZIS DKI Jakarta
5. Ketua Fraksi Golongan Islam DPRD DKI Jakarta
6. Ketua Fraksi PPP DPRD DKI Jakarta
7. Pimpinan Komisi A DPRD DKI Jakarta
8. Ketua Dewan Syuro Partai Kebangkitan Bangsa (pertama)
9. Anggota MPR RI dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB)
10. Ketua Komisi VI DPR RI dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB)
11. Ketua Komisi Fatwa MUI Pusat
12. Rois Syuriah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU)
13. Penasehat Lembaga Bahtsul Masail Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (LBM-PBNU)
14. Dosen STAI Shalahuddin Al-Ayyubi Jakarta
15. Rais ‘Aam PBNU 2015-2020.
16. Ketua Umum Dewan Pimpinan MUI 2015

Itulah perjalanan sepak terjang dari Ulama Besar KH. Ma’ruf Amin dalam mengemban dakwah islam di Indonesia. Semoga Allah SWT senantiasa memberikan kesehatan pada beliau. Dan beliau selalu berada dalam lindungan-Nya. Amiin

Subscribe to receive free email updates:

loading...

0 Response to "Mengenal Sosok Ketua MUI, KH. Ma'aruf Amin"

Post a Comment