Mengenal Sosok Hakim Pemberani, Penentang Trump - Suara Medan | Info Medan Terkini

Mengenal Sosok Hakim Pemberani, Penentang Trump


Mengenal Sosok Hakim Pemberani, Penentang TrumpSUARAMEDAN.com - Washington. Kebijakan Trump yang melarang Muslim dari 7 negara untuk memasuki amerika mendapat pertentangan keras dari sebagian rakyatnya. Bahkan seorang Hakim di negara tersebut tanpa rasa takut kepada Trump mencababut larangan tersebut pada Jum’at (3/2/2017) lalu.


Perintah pencabutan larangan Oleh Hakim AS tersebut kontan menuai kritik dari Trump sebagai penggagas utama isu tersebut.

Mengenal Sosok Hakim Pemberani, Penentang TrumpMelalui akun Twitter pribadinya, Trump menyebut Robart sebagai hakim yang memiliki opini konyol yang ingin menjauhkan penegakan hukum dari negeri sendiri.

Robart pun kemudian menjadi berita utama nasional media-media mainstream di negeri paman sam, siapa Robart yang dimaksud?


Seperti diketahui James Robart telah duduk di kursi hakim federal di Seattle selama lebih dari satu dekade, setelah diangkat oleh mantan Presiden George W. Bush.

“Dia relatif apolitis. Dia bukan seorang konservatif atau liberal. Dia seorang pria yang tertarik pada hukum dan keadilan,” ujar Douglas Adkins, investor ekuitas swasta dan mantan bankir yang telah mengenal Robart sejak kecil.

Sementara itu Departemen Kehakiman Amerika pada Sabtu (4/2/2017) membuat pers rilis bahwa mereka berniat untuk mengajukan banding atas keputusan tersebut.

Dengan mengeluarkan kecaman terhadap Hakim Robart, Trump sebagai presiden dianggap memiliki sikap anti-peradilan. Ia tidak mementingkan sistem checks and balances yang dimaksudkan untuk melindungi negara dari penyalahgunaan kekuasaan.

Dalam keputusannya mencabut larangan imigran itu, Robart menekankan tiga cabang pemerintahan, yaitu eksekutif, Kongres, dan peradilan, harus memiliki fungsi yang sama.

“Pekerjaan hakim dan pengadilan, terbatas untuk memastikan bahwa tindakan yang diambil oleh dua cabang pemerintahan lainnya dapat sesuai dengan hukum negara kita, dan yang lebih penting, konstitusi kita,” jelas Robart.

Subscribe to receive free email updates:

loading...

0 Response to "Mengenal Sosok Hakim Pemberani, Penentang Trump"

Post a Comment