Manfaat Lain Bermain Catur Yang Perlu Diketahui - Suara Medan | Info Medan Terkini

Manfaat Lain Bermain Catur Yang Perlu Diketahui



SUARAMEDAN.com -Perlu kita ketahui bahwa Catur rupanya bisa menyeimbangkan antara otak kanan dan otak kiri. Catur bisa dijadikan permainan pengisi waktu luang. Bukan sekedar main - main.Dalam permainan catur, Anda juga dilatih untuk berpikir startegis, membuat rencana, memprediksi langkah lawan, dan sebagainya.

Kesan pertama ketika melihat orang bermain catur adalah serius, bahkan tegang dan bikin pusing. Lihat saja mereka yang sedang menghadapi papan catur, masing - masing berkonsentrasi memikirkan startegi menghadang lawan.

"Dulu saya sebal banget kalau disuruh main catur. Nggak ngerti. Tetapi, jadi penasaran pas melihat keluarga besar asyik bermain catur, seru kayaknya." kenang Alisa seorang ahli bermain catur

Rasa penasaran membuatnya ingin mempelajarinya. Beruntung kakaknya sudah terbiasa bermain catur. Jadilah lajang kelahiran jakarta, 30 tahun lalu ini dilatih habis - habisan oleh kakaknya.

"Pertama kali main sih, pusing dan heran. Pelan - pelan jadi ngeh juga." ujar karyawan swasta sebuah perusahaan penerbitan ini.

Sekarang, kalau pikiran lagi suntuk, Alisa biasanya mengambil time out untuk dirinya selama beberapa saat. Cara yang dilakukan adalah bermain catur.

Kalau teman kantornya yang juga doyan catur ada di tempat dan tidak banyak pekerjaan, Alisa akan mengajaknya bermain catur sebentar. Permainan akan dialihkan ke komputer bila tidak ada lawan main.

JARANG PIKUN

Dan bermain catur ini banyak manfaat yang diperoleh. Dalam sebuah situs yang membahas soal catur, disebutkan bahwa catur dapat mendongkrak kecerdasan. Studi yang dilakukan terhadap ribuan pelajar di Venezuela menunjukkan adanya peningkatan skor IQ pada anak laki - laki dan perempuan setelah bermain catur selama 4 bulan.

Bermain catur juga merupakan olahraga otak. Dalam The New England Journal of Medicine disebutkan bahwa orang berusia di atas 75 tahun yang rajin catur jarang mengalami demensia atau pikun.

Mereka bisa jadi jarang pikun karena harus berupaya untuk mengingat, terutama langkah - langkah lawan serta langkah yang telah dilakukan yang membuat Anda memenangi pertandingan sebelumnya. Jadi, sebenarnya permainan ini tidak hanya bagus untuk orang tua, tetapi juga anak maupun orang dewasa sebab ingatan terus diasah.

Hal ini kemudian akan memperbaiki konsentrasi. Sejumlah studi di AS, Rusia, Cina dan negara lainnya telah menunjukkan bahwa kemampuan orang muda untuk fokus dipertajam dengan bermain catur.

BELAJAR STARTEGI

Pantas saja, mengingat konsentrasi tinggi dibutuhkan saat bermain catur. Begitu perhatian teralihkan atau berpikir tentang hal lain dalam waktu sekejap, Anda bisa "kehilangan" permainan. Lawan tidak perlu mengatakan kepada Anda bagaimana atau ke mana mereka akan melangkah kalau Anda tidak memberi perhatian pada permainan catur tersebut.

Selain itu, catur juga membantu menjaga keseimbangan otak kiri dan kanan. Tidak hanya kemampuan berpikir logika saja, kreativitas juga ikut diasah.

Dengan bermain catur, kemampuan dalam memecahkan masalah akan terdongkrak. Kemampuan dalam merencanakan atau meninjau masa depan ikut dilatih.

Sebabnya tak lain karena catur yang menjadi salah satu permainan penuh startegi ini meningkatkan perkembangan korteks prefrontal, area otak yang bertanggung jawab untuk perencanaan, keputusan dan kontrol diri. Dengan demikian, akan membantu membuat keputusan lebih baik dalam seluruh area kehidupan.

MANFAAT LAIN BERMAIN CATUR
Mengembangkan kemampuan berpikir logis.
Mendongkrak imajinasi dan kreativitas.
Mengajarkan kemandirian. Anda di dorong untuk membuat keputusan penting yang hanya dipengaruhi oleh keputusan diri sendiri.
Mengembangkan kemampuan memprediksi dan memperkirakan konsekuensi dari tindakan yang dilakukan.
Meningkatkan motivasi diri dengan mendorong Anda mencari langkah, rencana dan lanjutan terbaik dari permainan tersebut.
Mengajarkan bahwa kesuksesan adalah buah dari kerja keras. Semakin sering berlatih, semakin baiklah Anda. Anda juga sebaiknya sudah mempersiapkan kekalahan dan belajar dari kesalahan. Anda mungkin akan mengalami ratusan kekalahan sebelum menjadi pemain terbaik.
Membentuk jalan berpikir secara ilmiah. Saat bermain, Anda mengeluarkan berbagai variasi langkah dalam pikiran. Mengeksplorasi gagasan baru dan mencoba memperkirakan hasil.
Nah, Mulai sekarang cobalah untuk menyempatkan bermain catur dalam satu minggu sekali atau seminggu sekali. Yuk, dibantu sharenya ya sobat untuk postingan ini :) Terima Kasih

Sumber: http://www.hanyatauaja.com/

Subscribe to receive free email updates:

loading...

0 Response to "Manfaat Lain Bermain Catur Yang Perlu Diketahui "

Post a Comment