Langkah Pengobatan Psoriasis - Suara Medan | Info Medan Terkini

Langkah Pengobatan Psoriasis


Hasil gambar untuk apa itu penyakit psoriasisSUARAMEDAN.com - Psoriasis kulit kepala


Jenis psoriasis ini menyebabkan munculnya sisik tebal dan terasa gatal pada sebagian atau bahkan seluruh kulit kepala. Ruamnya juga terkadang dapat melebar hingga melewati garis rambut. Bagian kulit yang mengelupas akan berguguran dan kelihatan putih seperti ketombe.

Psoriasis inversi

Jenis ini menyebabkan ruam merah yang terasa halus pada daerah-daerah yang terdapat lipatan kulit seperti ketiak. Ruam ini dapat bertambah parah akibat gesekan dan keringat. Selain ketiak, psoriasis inversi juga menyerang kulit pada selangkangan, belahan bokong dan di bawah payudara.

Psoriasis gutata

Gejala psoriasis gutata adalah bintik-bintik ruam menyerupai tetesan air. Ruam ini berlapis sisik dan biasanya muncul pada tubuh bagian atas, lengan, kaki dan kulit kepala. Jenis psoriasis ini lebih sering menyerang anak-anak dan remaja. Psoriasis gutata terkadang muncul setelah infeksi atau radang tenggorokan.

Psoriasis pustular

Psoriasis ini menyebabkan ruam merah yang perih sebelum akhirnya melepuh dan berisi nanah. Ruam tersebut dapat terjadi pada seluruh tubuh atau muncul di bagian-bagian tubuh tertentu, misalnya berkelompok di tangan, kaki, atau ujung jari. Psoriasis pustular yang menyebar di seluruh tubuh juga dapat menyebabkan demam, menggigil, gatal luar biasa, dan bahkan penurunan berat badan.

Psoriasis eritrodermik

Psoriasis eritrodermik dapat menyebabkan ruam mengelupas yang sangat gatal atau disertai sensasi terbakar di seluruh tubuh. Jenis psoriasis ini dapat berdampak pada kadar cairan dan protein pada tubuh sehingga bisa berujung pada dehidrasi, malanutrisi, dan bahkan gagal jantung.

Artritis psoriasis

Di samping kulit iritasi dan bersisik serta perubahan warna kuku, intensitas gejala artritis psoriasis bervariasi dan dapat menyerang sendi mana pun. Sendi yang terinfeksi akan menjadi kaku dan kerusakannya dapat berkembang menjadi cacat permanen.

Jika Anda merasakan gejala-gejala di atas, segera periksakan diri Anda ke dokter. Penanganan secara dini biasanya dapat mencegah gejala bertambah parah. Para pengidap juga dianjurkan untuk menghubungi dokter jika psoriasis yang dialami memburuk, misalnya menyebabkan demam atau masalah pada persendian.

Penyebab pasti psoriasis belum diketahui. Tetapi penyakit ini diduga memiliki dasar penyebab autoimun, yaitu sistem kekebalan tubuh yang menyerang sel-sel kulit yang sehat. Saat terserang sel yang semestinya melawan infeksi, sel-sel kulit menggandakan diri dengan cepat sehingga menyebabkan ketebalan kulit pada penderita psoriasis. Belum diketahui kenapa sistem kekebalan tubuh bisa keliru dalam kinerjanya, tapi diduga ada pengaruh dari lingkungan dan gen.

Pada kondisi normal, tubuh akan memproduksi dan mengganti sel-sel kulit yang mati dalam beberapa minggu sekali. Tetapi pengidap psoriasis akan mengalaminya dalam hitungan hari sehingga terjadi penumpukan sel-sel kulit mati yang akhirnya membentuk penebalan kulit yang memerah, mengelupas dan bersisik.

Faktor keturunan juga diduga dapat mempertinggi risiko penyakit ini. Sekitar 30 persen pengidap psoriasis memiliki anggota keluarga yang mengidap penyakit yang sama.

Pengidap psoriasis dapat mencegah kambuhnya atau perkembangan gejala-gejala mereka dengan cara mencari tahu dan menghindari faktor pemicunya. Beberapa faktor pemicu kambuhnya psoriasis adalah:

Infeksi tenggorokan. Psoriasis gutata yang biasa menyerang anak-anak dan remaja terkadang muncul setelah pengidap mengalami infeksi tenggorokan.
Cedera pada kulit, misalnya tergores, gigitan serangga atau terbakar matahari.
Konsumsi minuman keras yang berlebihan.
Obat-obatan tertentu, misalnya litium, obat-obatan tekanan darah tinggi serta obat antimalaria.

Pada tahap awal pemeriksaan, dokter biasanya akan menanyakan riwayat kesehatan keluarga serta mengadakan pemeriksaan fisik kulit. Tekstur kulit yang terinfeksi pada pengidap psoriasis memiliki bentuk yang khas sehingga dokter dapat mengenalinya dengan mudah.

Tetapi jika membutuhkan kepastian diagnosis, dokter akan mengambil sampel kulit yang kemudian akan diperiksa di laboratorium. Tujuan biopsi kulit ini adalah untuk memastikan jenis psoriasis yang diidap pasien sekaligus menghapus kemungkinan adanya penyakit lain, misalnya dermatitis seboroik.


sumber:anoldokter.com

Subscribe to receive free email updates:

loading...

0 Response to "Langkah Pengobatan Psoriasis"

Post a Comment