Gempa Bumi Kembali Mengguncang Sumatera Utara - Suara Medan | Info Medan Terkini

Gempa Bumi Kembali Mengguncang Sumatera Utara

Gemoa Bumi Kembali Mengguncang Sumatera Utara
SUARAMEDAN.com -. Medan. Selasa, 14 Februari 2017, Sumatera Utara kembali di guncang gempa. gempa yang dirasakan pada pukul 00:11 WIB dan pukul 03.39 WIB, di wilayah Deli Serdang Sumatera Utara merupakan gempa bumi tektonik.

Analisis BMKG menunjukkan bahwa gempabumi yang terjadi pada 00.11 wib, berkekuatan Mag:4.7 SR, 14-Feb-17 00:11:19 WIB, Lok: 3.37 LU, 98.51 BT (di Darat, 22 km BaratDaya Kab Deliserdang Sumatera Utara, pada kedalaman 10 km.

Sedangkan yang Kedua Mag:5.2 SR, 14-Feb-17 03:35:59 WIB, Lok:3.35 LU,98.50 BT (23 km BaratDaya KAB-DELISERDANG-SUMUT), Kedalaman 10 Km

Berdasarkan hasil analisis pada peta tingkat guncangan (shakemap) BMKG dan laporan dari masyarakat, gempabumi ini dirasakan di Berastagi dengan intensitas gempabumi II SIG-BMKG (III-IV MMI), Sibolangit II SIG-BMKG (III-IV MMI), Tuntungan dan Medan I SIG-BMKG (II-III MMI), Binjai I SIG-BMKG (I-II MMI). Namun sampai saat ini belum ada laporan kerusakan dari lapangan. Pada skala III-IV MMI, getaran dirasakan nyata dalam rumah oleh masyarakat, terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu. Gempabumi dirasakan oleh orang banyak dalam rumah, di luar rumah oleh beberapa orang, jendela/pintu berderik dan dinding berbunyi.

Dari hasil observasi BBMKG Wilayah I Medan, gempabumi ini berada pada zona sumber gempabumi M=5,6 yang terjadi pada tanggal 16 Januari 2017 terdahulu. Gempabumi yang terjadi tanggal 14 Februari 2017 ini jika ditinjau dari kedalaman hiposenternya merupakan jenis gempabumi dangkal dan mempunyai mekanisme sesar mendatar. Hal ini berarti gempabumi ini terjadi akibat aktivitas sesar aktif lokal.

Patut disyukuri bahwa kekuatan gempabumi ini tidak terlalu besar, sehingga diharapkan tidak sampai menimbulkan kerusakan. Untuk itu kepada masyarakat dihimbau agar tetap tenang, dan terus mengikuti arahan BPBD dan informasi dari BMKG. Khusus masyarakat di daerah pesisir pantai barat Sumatera Utara dan sekitarnya dihimbau agar tidak terpancing isu mengingat gempabumi yang terjadi tidak berpotensi tsunami.

Kepala Balai Besar Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Wilayah I Medan Edison Kurniawan, S.Si, M.Si menyampaikan dalam halaman resminya.

Subscribe to receive free email updates:

loading...

0 Response to "Gempa Bumi Kembali Mengguncang Sumatera Utara"

Post a Comment