DPR Akan Gulirkan Hak Angket ke Jokowi - Suara Medan | Info Medan Terkini

DPR Akan Gulirkan Hak Angket ke Jokowi

DPR Akan Gulirkan Hak Angket ke Jokowi
SUARAMEDAN.com - Merasa tidak terima karena Ketuanya, Susilo Bambang Yhudoyono disadap secara ilegal, Fraksi Partai Demokrat di DPR akan menggalang hak angket guna menyelidiki dugaan penyadapan Ahok.

Wakil Ketua Komisi III DPR RI, Benny K Harman dari Fraksi Demokrat mengatakan jika hak angket saat ini telah digulirkan kepada lintas fraksi.

“Saat ini sedang proses, kita tunggu saja hasilnya,” papar Benny pada Kamis (2/2/2017), seperti yang tertera di kompas.com

Sebagai informasi bahwa Hak angket merupakan hak yang dimiliki oleh para anggota dewan untuk melakukan penyelidikan. Hak itu diusulkan paling sedikir 25 anggota DPR dan lebih dari satu fraksi. Hak angket harus disetujui lebih dari 50 plus satu anggota di rapat paripurna.

Baca juga: Ketua PBNU: "Kalau Meniyinggung, Orang NU Nggak Akan Pilih".
Benny menambahkan peyadapan yang dilakukan terhadap SBY, maka itu merupakan sebuah pelanggaran terhadap konstitusi dan Undang-Undang Transaksi dan Informasi Elektronik (ITE).

“Sesama anak bangsa saling curiga, saling mematai-matai, dan berprasangka buruk dan tentu saja mengganggu keharmonisan masyarakat dan pada akhirnya menciptakan instabilitas politik,” paparnya

Benny mengungkapkan dengan hak angket tersebut, DPR dengan fungsi pengawasan yang melekat akan melakukan penyelidikan untuk mengetahui siapa saja para pelaku dan apa sebenarnya motif si penyadap. Ia juga menegaskan jika tindakan memata-matai  dan menyadap lawan politik adalah kejahatan yang berat.

“Kita ingin menyelidiki siapa yang melakukan penyadapan tersebut dan tentu menuntut negara harus bertanggung jawab. Usul hak angket kini tengah dipersiapkan dan dalam waktu segera akan diajukan kepada pimpinan dewan,” kata Benny.

Sementara Hinca di tempat yang berbeda menyebutkan jika penggalangan hak angket tersebut merupakan sikap resmi yang dikeluarkan oleh partainya.


sumber : kompas

Subscribe to receive free email updates:

loading...

0 Response to "DPR Akan Gulirkan Hak Angket ke Jokowi"

Post a Comment