Ternyata Ini yang Di Laporkan Sukmawati ke Polisi Tentang Habib Rizieq - Suara Medan | Info Medan Terkini

Ternyata Ini yang Di Laporkan Sukmawati ke Polisi Tentang Habib Rizieq

Ternyata Ini yang Di Laporkan Sukmawati ke Polisi Tentang Habib Rizieq
SUARAMEDAN.com - Habib Rizieq Merasa Tesis S2-nya Soal Pancasila Dikriminalisasi. Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Shihab buka suara terkait pemeriksaanya di Polda Jabar. Rizieq, merasa kasus yang menjeratnya merupakan kriminalisasi atas karya ilmiah miliknya.

Rizieq mengatakan, berdasarkan pemeriksaan sementara yang dilakukan penyidik terhadapnya, yang dipermasalahkan merupakan tesis ilmiah S2 miliknya saat pendidikan S2 di Universitas Malaya dengan judul pengaruh Pancasila terhadap penerapan sareat Islam di Indonesia.

"Saya sangat terkejut, ternyata melalui pemeriksaan tersebut, yang dipersoalkan adalah tesis ilmiah S2 saya tentang Pancasila. Kenapa saya terkejut, karena ini merupakan kriminalisasi tersis ilmiah dan itu berbahaya, tesis ilmiah itu sudah diuji secara akademik dan dinyatakan lulus cumlaude, itu enggak boleh dikriminalisasi," ujar Habib kepada wartawan usai melaksanakan ibadah salat zuhur di Masjid Polda Jabar, Jalan Soekarno-Hatta, Kota Bandung, Kamis (12/1/2017).

Rizieq menuturkan, di dalam tesis S2 itu, ada bab yang menjelaskan tentang sejarah pancasila. Di dalam bab itu, menurut Rizieq, ia mengkritik soal usulan yang diajukan oleh Presiden RI pertama Soekarno yang menempatkan sila ketuhanan di nomor paling buncit. Usulan itu pun, kata Rizieq, dikritik olehnya melalui tesis miliknya.

"Ini juga ditolak oleh ulama yang ikut serta dalam sidang BPUPKI. Ulama menolak soal redaksi usulan bung Karno itu. Melalui perdebatan itu, akhirnya Bung Karno setuju dan sepakat sila ketuhanan jadi yang pertama. Jadi yang saya kritik rumusan pancasila yang diajukan bung karno. Saya tidak menghina pancasila, saya tidak menghina bung karno, saya ga mengkritik pancasila, yang saya kritik bukan orang tapi usulan," katanya.

Selain itu, di dalam tesisnya juga, lanjut Rizieq, ia mengkritik hari lahir pancasila. Menurutnya, hari lahirnya pancasila bukan pada 1 Juni 1945, tetapi lahirnya pancasila melalui konsesus pada tanggal 22 Juni 1945.

"Saya enggak terima pancasila dinisbahkan 1 Juni, yang betul itu 22 Juni 1945. Pada 1 Juni itu masih usulan, belum disepakati. Baru pada 22 Juni menjadi konsesus nasional dan diperbaiki pada 18 Agustus 1945," katanya.

Setelah ia lulus secara cumlaude, ujarnya, ia pun mensosialisasikan tesis itu melalui tabligh dan ceramah-ceramah.

"Sehingga ini enggak betul, saya enggak pernah menghina bung Karno, saya termasuk pengagum, sebagai pengaggum bukan berarti enggak boleh mengkritik. Lalu yang saya kritik bukan Pancasila, tapi usulan bung Karno. Kenapa dikritik, karena saat sidang dahulu pun ulama sudah mengkritik dan bung Karno menerima," katanya. (dra)

Sumber : tribunjabar

Subscribe to receive free email updates:

loading...

0 Response to "Ternyata Ini yang Di Laporkan Sukmawati ke Polisi Tentang Habib Rizieq"

Post a Comment