Penemuan Terbaru, Baterai Lithium Ion Punya Fitur Pemadam Api - Suara Medan | Info Medan Terkini

Penemuan Terbaru, Baterai Lithium Ion Punya Fitur Pemadam Api

SUARAMEDAN.com - Kasus mudah terbakarnya smartphone Galaxy Note 7 menjadi pertanda bagaimana kerentanan pada sebuah baterai berbahan ion lithium. Kasus serupa juga terjadi pada produk hoverboard. Oleh karena itu, para peneliti pun berusaha mencari solusi dari permasalahan ini.

Para peneliti dari Universitas Stanford adalah salah satunya. Mereka menemukan solusi yang jitu untuk mengatasi permasalahan baterai yang terbakar. Solusi tersebut adalah menambahkan fitur berupa pemadam api pada baterai. Dengan adanya pemadam api tersebut, kemungkinan terjadinya kebakaran smartphone atau peralatan elektronik lain akibat baterai bisa dihindari.

Menurut laporan yang dikutip dari NewAtlas, para peneliti dari Stanford ini menyematkan sebuah smartchip yang berfungsi untuk mendeteksi adanya bahaya kebakaran. Kalau smartchip tersebut kemudian mendeteksi adanya api pada baterai, selanjutnya akan memicu sistem pemadam api dalam batera tersebut. Bahan yang digunakan oleh para peneliti sebagai bahan pemadam api pada baterai tersebut adalah triphenyl phosphate atau biasa disebut TPP.

Penggunaan bahan ini sebagai sarana untuk memadamkan api bukanlah yang pertama kalinya. Hanya saja, bahan ini bisa mengurangi performa dari baterai. Untuk mengatasi efek samping tersebut, para peneliti membuat sebuah lapisan pelindung yang memisahkan antara baterai dengan TPP.

Lapisan ini baru akan terlepas kalau pemicu pada smartchip telah dinyalakan. Dengan adanya sistem pemadam kebakaran seperti ini, sebuah baterai akan memiliki risiko terbakar jauh lebih kecil dibandingkan sebelumnya.

Subscribe to receive free email updates:

loading...

0 Response to "Penemuan Terbaru, Baterai Lithium Ion Punya Fitur Pemadam Api "

Post a Comment