Kekayaan 8 Orang ini, Sebanding Dengan 1/2 Dari Populasi Miskin Dunia - Suara Medan | Info Medan Terkini

Kekayaan 8 Orang ini, Sebanding Dengan 1/2 Dari Populasi Miskin Dunia


Hasil gambar untuk orang terkaya di duniaSUARAMEDAN.com - Melbroune. - Laporan terbaru dari organisasi Oxfam mengungkap delapan orang, termasuk CEO Microsoft Bill Gates dan pendiri Facebook Mark Zuckerberg memiliki jumlah kekayaan yang sama dengan setengah dari populasi miskin dunia.


Laporan berjudul An Economy for 99 Per Cent ini menemukan, pendapatan dari 10 persen golongan termiskin dunia meningkat kurang dari tiga dolar (atau setara Rp 36 ribu) per tahun antara 1988-2011, sedangkan pendapatan satu persen golongan terkaya meningkat 182 kali lipat.

Dan sejak tahun 2015, satu persen golongan terkaya ini telah memiliki kekayaan lebih dari manusia lain di Bumi. Oxfam menyerukan para pemimpin dunia yang menghadiri Forum Ekonomi Dunia (WEF) pekan ini agar berbuat lebih banyak untuk mengakhiri kesenjangan.

Forum tahunan ini adalah wadah di mana para elite bisnis dan pemimpin politik dunia berkumpul untuk mencoba dan menemukan cara mewujudkan stabilitas global dan ekonomi bersama-sama. CEO Oxfam Australia, Dr Helen Szoke, mengatakan, ketidaksetaraan kekayaan global lebih buruk daripada yang ditakutkan sebelumnya, dan sudah waktunya bagi para pebisnis besar untuk berbuat lebih banyak.

"Konsentrasi kekayaan ini sebenarnya menunjukkan ada sesuatu yang salah dengan sistem global dan di saat para pemimpin global bertemu di Forum Ekonomi Dunia dan para pemimpin bisnis juga bertemu, kami benar-benar mengatakan bahwa sistem ini rusak dan butuh untuk diperbaiki," sebut Helen.

Hasil gambar untuk Amancio OrtegaIa menjelaskan, "Jika kita tak bergerak lebih banyak ke arah ekonomi inklusif di mana kita benar-benar melihat manfaatnya tersebar lebih merata, maka itu akan mengarah ke jenis ketidakstabilan yang akan dihadapi generasi mendatang, kita tak ingin meninggalkan itu sebagai warisan."

Dr Helen percaya, perubahan bisa diciptakan oleh mereka yang menghadiri WEF pekan ini di Davos. "Kesatuan pandangan bisa saja dihasilkan dari Forum Ekonomi Dunia, dan permintaan sederhana dari Oxfam lebih banyaknya transparansi dalam soal pembayaran pajak,” tutur Dr Helen.

"Dan ini adalah suatu tindakan yang bisa diambil oleh pemerintah nasional, ini merupakan tindakan yang tak diterapkan secara konsisten di seluruh dunia dan dari perspektif Australia, ini sebenarnya salah satu cara untuk benar-benar mengatasi hilangnya pendapatan tahunan sebesar 6 miliar dolar (atau setara Rp 60 miliar) yang bisa dibawa kembali," tambahnya.

Siapa saja 8 orang terkaya di dunia?
1.    Bill Gates - 75 miliar dolar AS (atau setara Rp 975 triliun)
2.    Amancio Ortega - 67 miliar dolar AS (atau setara Rp 871 triliun)

3.    Warren Buffett - 60,8 miliar dolar AS (atau setara Rp 791 triliun)
4.    Carlos Slim Helu - 50 miliar dolar AS (atau setara Rp 650 triliun)

5.    Jeff Bezos - 45,2 miliar dolar AS (atau setara Rp 588 triliun)
6.    Mark Zuckerberg - 44,6 miliar dolar AS (atau setara Rp 580 triliun)
7.    Larry Ellison - 43,6 miliar dolar AS (atau setara Rp 567 triliun)
8.    Michael Bloomberg - 40 miliar dolar AS (atau setara Rp 520 triliun)

Tak cukup mendengar, harus bertindak

Forum Ekonomi Dunia diperkirakan akan didominasi oleh respons negatif terhadap globalisasi ekonomi, dan memiliki tema ‘Responsible and Responsive Leadership’ (kepemimpinan yang bertanggung jawab dan responsif). Empat topik utama akan dibahas, yaitu memperkuat pertumbuhan ekonomi, membuat sistem berbasis pasar lebih inklusif, menguasai Revolusi Industri Keempat, dan kembali mengangankan kerja sama internasional.

Ketua eksekutif Forum Ekonomi Dunia Klaus Schwab mengatakan itu adalah tema yang sama dengan apa yang dibahas di forum tersebut 20 tahun lalu. "Sebagai seorang pemimpin, Anda harus responsif," ujarnya.

"Anda harus mendengarkan. Anda harus bertindak dengan orang-orang yang telah mempercayakan Anda dengan kepemimpinan,” sebut Klaus.

Hasil gambar untuk Carlos Slim Helu
"Tapi mendengarkan saja belum cukup, Anda juga harus bertindak, Anda harus bertanggung jawab, Anda harus berani mengambil keputusan untuk memperbaiki keadaan dunia, dan kadang-kadang membutuhkan keputusan yang sangat berani," jelasnya.

Ia mengatakan, hal yang juga penting agar para pemimpin dunia memahami pentingnya pasar global yang adil. "Mereka juga harus tetap terbuka, karena kita adalah komunitas global, saling berhubungan, saling tergantung, dan jika Anda tak mengatasi masalah kita bersama sebagai komunitas global, kita semua akan gagal," kemukanya.

Forum Ekonomi Dunia dimulai Selasa (17/1), dan berjalan hingga akhir pekan.
Simak berita ini dalam bahasa Inggris di sini.


Sumber : www.australiaplus.com

Subscribe to receive free email updates:

loading...

0 Response to "Kekayaan 8 Orang ini, Sebanding Dengan 1/2 Dari Populasi Miskin Dunia"

Post a Comment