Isu Strategis Dalam Revisi UU Pemilu - Suara Medan | Info Medan Terkini

Isu Strategis Dalam Revisi UU Pemilu


Isu Strategis Dalam Revisi UU PemiluSUARAMEDAN.com - , JAKARTA -- Wakil Ketua Komisi II DPR RI Ahmad Riza Patria mengungkapkan ada beberapa isu strategis yang diusulkan oleh masing-masing fraksi dalam revisi UU Pemilu. Beberapa isu tersebut antara lain adalah mengenai sistem Pemilu terbuka atau tertutup.


Selain itu, ada juga mengenai Parliamentary Treshold, dimana baik fraksi-fraksi di DPR maupun Pemerintah memunculkan angka yang berbeda-beda. "Ada yang ingin nol persen, ada yang ingin 3,5 persen atau lebih. Nasdem saja berani mematok 7,5 persen. Golkar 10 persen saya dengar," ucap Riza, kepada wartawan, di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Rabu (11/1).

Lalu ada juga perbedaan padangan mengenai kursi per dapil. Ia menyatakan, ada yang ingin tetap 3-10, lalu 3-6, dan 3-7. Mengenai Presidential Threshold juga menjadi pembicara hangat baik di DPR maupun Partai.

"Ada yang ingin tetap 20 persen, ada yang cukup 5 persen, atau Gerindra ingin 0 persen," kata Politkus Gerindra tersebut.

Isu lainnya mengenai jumlah dapil, serta cara perhitungan kursi. Hari ini, Komisi II mulai mengumpulkan daftar inventarisasi masalah atau DIM


sumber : REPUBLIKA.CO.ID

Subscribe to receive free email updates:

loading...

0 Response to "Isu Strategis Dalam Revisi UU Pemilu"

Post a Comment