Berita Hoax Merajalela, Jerman Siap Jatuhkan Denda Pada Facebook, Indonesia Gimana ? - Suara Medan | Info Medan Terkini

Berita Hoax Merajalela, Jerman Siap Jatuhkan Denda Pada Facebook, Indonesia Gimana ?

SUARAMEDAN.com - Maraknya berita dan kiriman yang bersifat hoax atau palsu, nampaknya bakal menjadi PR bagi Mark Zuckerberg. Kita tahu, penyebaran berita palsu kini masif beredar pada jejaring sosial yang eksis sejak tahun 2008 ini. Mark Zuckerberg sendiri sampai angkat bicara mengenai peredaran berita hoax pada jejaring sosial miliknya.

Namun pekerjaan berat lainnya ternyata menanti Mark, karena ada beberapa negara yang gerah dengan merebaknya berita palsu pada media sosial Facebook. Seperti yang dilansir dari VR-Zone, pemerintah Jerman pun akhirnya juga angkat bicara mengenai peredaran berita hoax di jejaring sosial Facebook. Kabarnya pemerintah Jerman bakal melakukan gugatan pada Facebook atas berita palsu yang disebarkan.

Tak tanggung-tanggung, mereka (pemerintah Jerman) bakal memberikan denda pada Facebook sebanyak 500.000 Euro pada setiap berita hoax yang tersebar. Melalui Thomas Oppermann, selaku kepala parlemen dari Partai Sosial Demokrat mengatakan bahwa, akan ada undang-undang baru, yang memberikan waktu selama 24 jam kepada Facebook untuk menghapus kiriman atau berita palsu. Jika tidak segera dihapus, maka pemerintah Jerman akan menjatuhkan denda sebesar 500.000 Euro atau sekitar 7,1 miliar Rupiah.

Laporan dari Heat Street juga mengatakan bahwa pada undang-undang terbaru yang diberlakukan oleh pemerintah Jerman tersebut memberi kesempatan pada masing-masing individu untuk setiap berita yang disinyalir palsu alias hoax.

Bahkan juga meminta Facebook untuk membangun kantor perwakilan pada masing-masing negara, agar proses pengaduan ini berjalan dengan lancar. Sayangnya hingga kini Facebook masih belum memberikan tanggapan apapun mengenai gugatan yang diajukan oleh pemerintah Jerman. Sepertinya banyak PR yang harus diselesaikan Facebook pada tahun 2017 ini ya?

Subscribe to receive free email updates:

loading...

0 Response to "Berita Hoax Merajalela, Jerman Siap Jatuhkan Denda Pada Facebook, Indonesia Gimana ?"

Post a Comment