Hadiri Muzakarah di MUI, Kapolda Bahas Tantangan Ummat Muslim Menuju Rahmatan lil'alamin - Suara Medan | Info Medan Terkini

Hadiri Muzakarah di MUI, Kapolda Bahas Tantangan Ummat Muslim Menuju Rahmatan lil'alamin

Hadiri Muzakarah di MUI, Kapolda Bahas Tantangan Ummat Muslim Menuju Rahmatan lil'alamin
SUARAMEDAN.com - Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Sumatera Utara menghadiri muzakarah akbar akhir tahun yang diselenggarakan MUI Medan dengan tema "Problematika Ummat Islam Kontemporer, Jumat (30/12) di Kantor MUI Jalan Amaliun Medan.

Kapolda Sumut Irjen Rycko Amelza Dahniel menyampaikan materi tentang tantangan ummat Islam menuju  Rahmatan lil'alamin. Beliau menyampaikan ada beberapa tantangan yang dihadapi ummat Islam dalam mewujudkan Rahmata lil Alamin.

"Setidaknya penyebab problematika ummat saat ini berasal dari internal dan eksternal," ujarnya.

Ia juga menilai sistem kurikulum pendidikan Islam harus mengalami perubahan paradigma. Selain itu, tantangan eksternal dalam mewujudkam Islam Rahmatan Lil alamin adalah ekonomi, pengaruh barat, dan paham merusak seperti terorisme, radikalisme, dan ektrimisme.

"Salah satu contohnya kita harus merubah cara fikir tekstual normatif menjadi cara fikir kontekstual dalam memahami ajaran Islam." Untuk itu, diperlukan ikhtiar ekstra keras ummat Islam dalam menghadapi tantangan tersebut. Menurutnya, diperlukan strategi dimulai dari deteksi dini, strategi preventif, represif termasuk investigatif. [isl]

Subscribe to receive free email updates:

loading...

0 Response to "Hadiri Muzakarah di MUI, Kapolda Bahas Tantangan Ummat Muslim Menuju Rahmatan lil'alamin"

Post a Comment