Gempa berkekuatan 6,6 SR mengguncang Kabupaten Sumba Barat Daya, NTT - Suara Medan | Info Medan Terkini

Gempa berkekuatan 6,6 SR mengguncang Kabupaten Sumba Barat Daya, NTT


 Gempa berkekuatan 6,6 SR mengguncang Kabupaten Sumba Barat Daya, NTTSUARAMEDAN.com - Sumba Barat Daya - Gempa berkekuatan 6,6 skala Richter (SR) mengguncang Kabupaten Sumba Barat Daya, Nusa Tenggara Timur (NTT), tadi pagi. Getaran gempa tersebut terasa hingga Pulau Bali.


"Posko BNPB telah mengonfirmasi dampak gempa. Gempa dirasakan sedang hingga kuat di Kota Bima, Sumbawa, Sumbawa Barat, Praya, Lombok, Kota Mataram, hingga Bali," jelas Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho dalam keterangan tertulis yang diterima detikcom, Jumat (30/12/2016).

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melaporkan gempa 6,6 SR terjadi pada Jumat (30/12) pukul 05.30.19 WIB. Hiposenter gempa pada koordinat 9,37 derajat Lintang Selatan (LS), 118,63 derajat Bujur Timur (BT). Selain itu, titik gempa berada di 59 kilometer barat daya Kabupaten Sumba Barat Daya dengan kedalaman 91 kilometer di bawah laut.

"Gempa tidak berpotensi tsunami. Sumber gempa berasal dari subduksi pertemuan lempang Hindia Australia dan Eurasia," terang Sutopo.

Sutopo mengatakan masyarakat sempat panik dan berhamburan. Aparat dan masyarakat yang sedang melakukan penanganan darurat pascabanjir di Kota Bima juga merasakan guncangan cukup keras dan berhamburan ke luar bangunan dan rumah.

"Masyarakat panik dan berhamburan ke luar rumah. Aparat dan masyarakat yang sedang melakukan penanganan darurat pascabanjir di Kota Bima juga merasakan guncangan cukup keras dan berhamburan ke luar bangunan dan rumah. Pasien dikeluarkan dari bangunan," terangnya.

Hingga saat ini, belum dilaporkan ada korban jiwa. Begitu pula kerusakan bangunan.

"BPBD masih terus melakukan pemantauan. Info mutakhir akan disampaikan segera jika ada laporan dari lapangan," pungkasnya.

Masyarakat diimbau untuk selalu waspada. "Respons terbaik saat merasakan gempa adalah keluar rumah atau bangunan secepatnya dan berkumpul di tempat yang aman," kata Sutopo.
Hasil gambar untuk gempa sumba
Menurut data BNPB, berikut ini intensitas dan lama gempa dirasakan:
- Gempa ini dirasakan cukup kuat di Sumba Barat Daya selama ± 5 detik, masyarakat sempat panik, belum ada laporan dampak.
- Gempa dirasakan cukup kuat di Sumba Barat selama± 5 detik, belum ada laporan dampak.
- Dirasakan cukup kuat di Sumbawa Barat selama ± 3 detik.
- Dirasakan sedang di Kota Mataram selama ±5 detik.
- Dirasakan di Kabupaten Dompu selama 5 detik, masyarakat panik.
- Dirasakan sedang di sebagian besar wilayah Bali selama sekitar 5 detik. Masyarakat ke luar rumah.

Subscribe to receive free email updates:

loading...

0 Response to " Gempa berkekuatan 6,6 SR mengguncang Kabupaten Sumba Barat Daya, NTT"

Post a Comment