Alamak !! Nama Ahok Jadi Soal Ujian - Suara Medan | Info Medan Terkini

Alamak !! Nama Ahok Jadi Soal Ujian

Nama Ahok Jadi Soal Ujian
SUARAMEDAN.com - Nama Ahok masuk dalam soal ujian mata pelajaran tarikh atau sejarah perkembangan Islam yang merupakan mata pelajaran khusus Muhammadiyah.

"Yang paham persis ya di Muhammadiyah. Yang jelas Dinas Pendidikan sudah klarifikasi ke Majelis Dikdasmen (Pendidikan Dasar dan Menengah) Muhammadiyah, karena itu mata pelajaran materi khusus dan tidak terkait dengan dinas pendidikan. Yang melalui dinas mata pelajaran umum," kata Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Purbalingga, Tri Gunawan kepada detikcom, Sabtu (10/12/2016).

Sementara menurut Sugiman, Wakil Ketua Mejelis Dikdasmen Muhamadiyah mengatakan jika mata pelajaran yang diujikan tersebut merupakan mata pelajaran khusus yang dikeluarkan oleh Muhammadiyah sehingga tidak ada hubungannya dengan Dinas Pendidikan.

"Ya tidak ada hubungannya (Dinas Pendidikan) ini pelajaran khusus, yang ada di Muhammadiyah," jelasnya.

Menurut dia, masalah tersebut sudah selesai dan guru yang membuat soal tersebut juga sudah meminta maaf dengan membuat surat pernyataan diatas materai yang menyatakan kesalahannya dan tidak akan mengulanginya.

"Saat rapat penyusunan soal materi kita juga sudah memberikan penekanan agar tidak boleh ada soal yang berbau politik, dan kita sudah berikan rambu-rambu itu," ujarnya.

Namun untuk penyusunan soal, seluruhnya disusun oleh guru yang ada di sekolah-sekolah yang sudah diberikan bekal materi terkait batasan-batasan tersebut.

"Jadi ternyata saat rapat penyusuan itu Pak Jumanto tidak datang. Yang datang guru lain, tapi dia (Jumanto) yang menyusun," jelasnya.

Dia mengakui jika pihak Majelis Dikdasmen lengah sehingga tidak mengedit soal yang sudah disusun oleh guru tersebut.

"Dari majelis juga ada kelengahan dan tidak diedit sebelum soal itu dicetak karena keterbatasan waktu serta jumlah soal yang banyak, sehingga tidak bisa di cek satu persatu, dan langsung masuk percetakan," ucapnya.

Setelah soal dibagikan pada Jumat 2 Desember 2016 dan selesai diujikan pada anak kelas IX SMP Muhammadiyah 1 Purbalingga, pihaknya yang mengetahui ada soal yang berbeda tersebut langsung memanggil guru yang bersangkutan untuk dimintai keterangan.

Sebelumnya Seorang guru di Purbalingga, Jawa Tengah, meminta maaf karena memasukkan nama Ahok dalam soal ujian akhir semester. Dia mengaku kelelahan dan kurang fokus.

Nama Ahok masuk dalam soal ujian akhir semester di SMP Muhammadiyah 1 Purbalingga, Jawa Tengah. Tepatnya dalam soal ujian pada mata pelajaran tarikh atau sejarah perkembangan Islam untuk siswa kelas IX yang diujikan pada Jumat 2 Desember 2016 lalu.

Di soal ujian itu, pertanyaan nomor 48 tertulis: "Siapakah nama calon Gubernur Jakarta yang melecehkan Alquran saat ini?"

Pada soal pilihan ganda itu menyediakan jawaban: A. Paijo B. Ahik C. Ken Arok D. Basuki Candra (Ahok). [sm]

Sumber : detik.com

Subscribe to receive free email updates:

loading...

0 Response to "Alamak !! Nama Ahok Jadi Soal Ujian"

Post a Comment