Turki Kirimkan Bnatuan ke 30 Desa di Mosul, Irak - Suara Medan | Info Medan Terkini

Turki Kirimkan Bnatuan ke 30 Desa di Mosul, Irak


Turki Kirimkan Bnatuan ke 30 Desa di Mosul, IrakSUARAMEDAN.com - ANKARA -- Palang Merah Turki mengirimkan truk bantuan ke Irak utara, dengan pasokan kemanusiaan dan makanan, yang cukup bagi 10.000 warga pengungsi karena pertempuran di Mosul, kata presiden badan tersebut, Jumat (21/10).


Pasukan Irak dan Kurdi menguasai wilayah di sekitar Mosul dalam beberapa hari belakangan sebagai persiapan serangan, yang sudah lama disiapkan, ke kubu kuat terakhir ISIS di Irak. Turki memperingatkan akan gelombang pengungsi.

"Pada tahap pertama, kami mengirimkan bantuan itu ke hampir 30 desa, yang sudah dibebaskan di sekitar Mosul. Ada 3.000 hingga 4.000 orang berpindah dari desa itu. Truk itu akan menjangkau mereka," kata Presiden Palang Merah Turki Kerem Kinik kepadaReuters.

Iringan 20 truk itu membawa berbagai perbekalan, termasuk makanan kering, pakaian dan beberapa ratus tenda dan tempat tidur. Iringan itu juga membawa pakaian, yang cukup untuk 35.000 orang.

Kinik mengatakan antara 150 ribu hingga 400 ribu orang akan terusir dari Mosul dan bahwa kamp-kamp tambahan, di luar lebih dari 40 kamp yang sudah ada, tengah dibangun oleh badan-badan bantuan Turki di Irak utara untuk persiapan.

"Dengan skenario terburuk, kampung baru pengungsi, satu untuk 100 ribu orang, bisa dibangun. Kampung saat ini untuk 20 ribu  orang," kata Kinik, dengan menambahkan Palang Merah bekerja sama dengan pemerintah setempat di Irak utara serta badan bantuan kemanusiaan PBB, OCHA, demikian Antara News.

Subscribe to receive free email updates:

loading...

0 Response to "Turki Kirimkan Bnatuan ke 30 Desa di Mosul, Irak"

Post a Comment