Pengungsi Sinabung Bentrok, 1 Orang Tewas - Suara Medan | Info Medan Terkini

Pengungsi Sinabung Bentrok, 1 Orang Tewas


Pengungsi Sinabung Bentrok, 1 Orang TewasSUARAMEDAN.com - Kekisruhan kembali menimpa para Pengungsi Sinabung. seorang pengungsi bernama Sartono Sembiring (61) salah satu dari ratusan pengungsi Gunung Sinabung asal Desa Gurukinayan, Kecamatan Payung, Kabupaten Karo, Sumatera Utara, tewas saat terjadi demo di depan kantor bupati Karo di Kabanjahe.


Demo dilakukan para pengungsi untuk menuntut dana Relokasi tahap II.
  
"Massa menuntut pencairan dana relokasi tahap II," kata Kabid Humas Polda Sumut Kombes Pol Rina Sari Ginting, Selasa (18/10/2016).

Dalam unjuk rasa tersebut, massa sempat bersitegang dengan pihak Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Karo dan Satpol PP. Tidak lama kemudian, terjadi kericuhan. Saat itulah korban ambruk ke tanah.

Rekan-rekan korban yang melihat korban dalam kondisi kritis langsung membawanya ke RSU Ester Kabanjahe. Namun belum sempat mendapat pertolongan medis korban dinyatakan sudah meninggal dunia.

"Massa pengungsi sempat merusak salah satu pintu gedung dengan cara melemparkan pot bunga," tambah Rina.

Keponakan korban, Susanto Ginting mengatakan, jenazah pamannya sudah disemayamkan di desa dan akan dikebumikan besok.

Menurut dia, kericuhan bermula saat ratusan warga pengungsi tidak diterima dengan baik oleh pihak BPBD. Alasannya karena pencairan dana relokasi ditunda sebab ada surat dari DPRD Karo yang isinya meminta pencairan ditunda untuk beberapa pengungsi.

"Ini yang membuat warga marah. Nama-nama pengungsi yang ditunda itu sudah ditetapkan sebagai menerima dana relokasi berdasarkan SK Bupati Karo," kata Susanto.

Dia mengatakan, DPRD Karo menyurati BPBD Karo karena ada pengaduan dari warga yang berdomisili di luar Desa Guru Kinayan.

Mereka meragukan kebenaran data beberapa nama pengungsi penerima dana. Tanpa melakukan cek dan ricek laporan itu, DPRD langsung menyurati BPBD.

"Harusnya cross check dulu biar tahu apakah warga itu pengungsi yang berhak atau tidak. Bukan langsung menyurati BPBD, akhirnya kayak gini, kan?" ucapnya.

Sementara itu, Kasubbid Penmas Polda Sumut AKBP MP Nainggolan menyebutkan, BPBD Karo sampai hari ini belum bisa mencairkan dana, sehingga membuat warga marah.
Aksi saling dorong di lantai dua kantor bupati antara warga dengan satpol PP, membuat korban yang berada di tengah-tengah massa terjatuh dan pingsan.

"Keluarga korban tidak mengizinkan dilakukan otopsi. Jenazah korban sudah dibawa ke rumah duka. Saat ini situasi wilkum Polres Tanah Karo sudah aman dan terkendali, warga sudah membubarkan diri," kata Nainggolan, Selasa (18/10/2016) malam.

Subscribe to receive free email updates:

loading...

0 Response to "Pengungsi Sinabung Bentrok, 1 Orang Tewas"

Post a Comment