Rudal 20 M Yang di Beli dari China Gagal Meluncur - Suara Medan | Info Medan Terkini

Rudal 20 M Yang di Beli dari China Gagal Meluncur

Rudal 20 M Yang di Beli dari China Gagal Meluncur
SUARAMEDAN.com -JAKARTA -- Sungguh memalukan, rudal yang di beli dengan harga 20 Milyar per buah gagal diluncurkan. Hal ini membuat anggota DPR RI geram. 

Anggota Komisi I DPR dari Fraksi Golkar, Bobby Adhityo Rizaldi, meminta Kementerian Pertahanan mengevaluasi produk militer yang dibeli dari Cina, menyusul insiden terlambat meluncurnya rudal C705 dalam latihan gabungan militer XXIV/2016 di perairan Banongan, Situbondo, Jawa Timur.

"Rudal C705 yang mengalami keterlambatan meluncur saat ditembakkan itu merupakan insiden yang sangat memalukan, terlebih, disaksikan oleh Presiden Jokowi," ujar Bobby, Jumat (16/9). 

Dia menegaskan, kejadian itu harus diinvestigasi dan dievaluasi, apakah rudal tersebut rusak sebelum diterima, atau alat komunikasi datanya yang bermasalah. Bobby menilai, insiden rudal C705 itu membuat citra militer Indonesia melemah di mata negara-negara sekitar. Apalagi, kata dia, rudal C705 itu rencananya akan digunakan untuk menjaga kedaulatan negara di Laut Cina Selatan.

"Saya mendukung TNI AL untuk menunda kerja sama militer dengan Cina dalam hal kontrak rudal C705, dan membatalkan niat untuk membeli lebih banyak lagi dan mengalihkan pada Alutsista utama dari negara lain," tutur Bobby.

Selain itu, Bobby juga meminta dilakukan evaluasi kerja sama transfer teknologi antara Kementerian Pertahanan dengan State Administration for Science, Technology and Industry for National Defense (SASTIND) China.

Sebelumnya, dalam latihan militer gabungan XXIV/2016 di perairan Banongan, Situbondo, Jawa Timur, yang disaksikan Presiden Joko Widodo, rudal C705 milik TNI AL yang diperoleh dari Cina mengalami keterlambatan hingga lima menit saat diluncurkan. Belum diketahui pasti penyebab atas insiden tersebut.


sumber: republika

Subscribe to receive free email updates:

loading...

0 Response to "Rudal 20 M Yang di Beli dari China Gagal Meluncur"

Post a Comment