Pemerintah Harus Sosialisasikan Travel Warning untuk Cegah Virus Zika Masuk - Suara Medan | Info Medan Terkini

Pemerintah Harus Sosialisasikan Travel Warning untuk Cegah Virus Zika Masuk


Pemerintah Harus Sosialisasikan Travel Warning untuk Cegah Virus Zika MasukSUARAMEDAN.com - Jakarta (1/9) - Terkait dengan meluasnya virus Zika yang kini sudah menyebar di Singapura, Partai Keadilan Sejahtera melalui Ketua Bidang Kesejahteraan Rakyat (Kesra), Fahmy Alaydroes mendesak Pemerintah untuk segera melakukan usaha pencegahan masuknya virus Zika ke Indonesia dengan sosialisasi early warning system dan travel warning.


Sebaiknya, kata Fahmy, ada kebijakan screening di bandara untuk deteksi dini dari orang asing dan orang balik dari luar negeri, terutama dari negara yang terjangkit virus tersebut.

"Penting adanya usaha sosialisasi early warning system bahaya virus Zika dan usaha pencegahan penularan dengan pemberatasan sarang nyamuk (PSN) sebagaimana pada virus dengue dan chikungunya, Dan pemerintah perlu memberikan travel warningkepada masyarakat yang hendak bepergian ke negara-negara terjangkit," kata Fahmy di Jakarta, Kamis (1/9/2016).

Fahmy menjelaskan bahwa virus Zika yang berasal dari benua Amerika kini sudah menyebar ke Asia bahkan sudah mulai merebak di Singapura.

Virus Zika, masih kata Fahmy, menular melalui gigitan nyamuk aedes layaknya virus dengue dan chikungunya. Virus Zika yang masuk ke tubuh manusia akan menimbulkan gejala ringan seperti demam, linu otot dan tulang dan sakit kepala.

"Yang fatal adalah bila menular pada Ibu hamil maka dapat menyebabkan timbul mikrosefali (otak berukuran kecil atau tidak berkembang). Tentunya bila ini meluas akan terjadi banyak dilahirkan bayi yang memiliki otak yang cacat dan berdampak pada muncul generasi yang akan menjadi beban keluarga dan pemerintah," kata Fahmy.


sumkber : pks.id

Subscribe to receive free email updates:

loading...

0 Response to "Pemerintah Harus Sosialisasikan Travel Warning untuk Cegah Virus Zika Masuk"

Post a Comment