Tim FK UMSU Lolos ke Pimnas 2019 - Suara Medan | Info Medan Terkini

Tim FK UMSU Lolos ke Pimnas 2019

SUARAMEDAN.com - Tim mahasiswa dari Fakultas Kedok­teran Universitas Muham­ma­diyah Su­matera Utara (FK UMSU) lolos menjadi peserta Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (Pimnas) ke 29 tahun 2019 di Institut Pertanian Bogor (IPB).

Tim FK UMSU lolos ke Pimnas dalam kategori Pekan Kreativitas Mahasiwa bidang penelitian (PKM-PE) dengan judul ‘Perbandingan Efektivitas Getah Bening Batang Pisang Ambon (musa paradisiacal var.sapientum) dengan Burnazin  terhadap Proses Penyembuhan Luka Bakar pada Tikus Putih Jantan Galu Wistar (Ratus Norvegicus)”.

Pelepasan tim dilakukan Rektor UMSU, Dr Agussani, MAP disaksikan Ketua Ma­jelis Dikti PP Muham­ma­diyah Prof H Lin­colin Arsyad, Ben­dahara PP Muham­ma­diyah, Prof Dr Siyah Suyatno, MPd, Ketua UPKIM UMSU, Fatimah Sari Siregar, Sekre­taris, Edy Prayetno, Wakil Rektor III, Rudianto, Kabimawa Randiman di Hotel Garuda Plaza.

Rektor UMSU, Dr Agussani, MAP me­ngatakan, UMSU sangat bersyukur ma­hasiswa Fakultas Kedoktera mam­pu ber­saing di tingkat nasional. Dia ber­­harap ke­giatan ini tidak serta merta un­tuk mengikuti event semata, tetapi de­ngan ikut Pimnas menambah pe­nga­­la­man mahasiswa. “Me­ngi­kuti kom­petisi tingkat nasional tentunya mem­­buat mereka semakin terpacu untuk tampil terbaik. Apalagi, berga­bung de­ngan sejumlah mahasiswa dari per­gu­ruan tinggi ternama di Indo­nesia,” ka­tanya.

Dia berharap agar, mahasiswa yang ikut Pimnas harus bisa memanfaatkan pe­luang untuk bisa berprestasi. “Se­tidak-setidaknya ada prestasi yang bisa dibawa pulang karena sejak dulu ada tra­disi tim UMSU selalu membawa me­dali. Minimal perak seperti yang pernah dibawah mahasiswa Yudha dari Fi­sip dan aktivitas Pers Mahasiswa Te­ro­pong. Kita berharap muncul Yudha baru,” katanya.

Agussani menambahkan, saat ini UMSU terus mendorong agar krea­tivitas mahasiswa di bidang karya tulis di­tingkatkan seperti membentuk UPKIM tidak hanya di tingkat uni­versitas tetapi juga fakultas. “Dengan adanya UPKIM tingkat fakultas maka muncul bibit-bibit baru yang muncul. Walaupun satu yang lolos tetapi yang di­biayai Dikti ada 8 proposal. Ini pres­tasi yang cukup membanggakan,” ka­tanya.

Ke depan, lanjutnya akan dicari kiat-kiat yang bisa mengasah dan men­dorong mahasiswa untuk terpanggil untuk berkom­petisi di tingkat nasional dalam bidang karya ilmiah.

Dosen pembimbing dr.Hendra Suts­na, M.Biomed  mengaku dirinya benar-benar tidak menyangka bahwa peneli­tian yang dibuat bisa lolos seleksi untuk masuk pada tingkat nasional.

“Banyak proses yang kami lalui sebe­lum­nya mulai dari menentukan judul dan me­nyusun proposal peneli­tian. Sungguh cukup menyita waktu dan energi dari tim di tengah kesibukan masing-masing,” katanya.

Sebagai dosen pembimbing, lanjut­nya dirinya harus mampu meluangkan waktu untuk bimbingan dan juga mahasiswa juga harus mampu menga­tur waktu untuk mencari bahan dan menyusunnya menjadi sebuah ranca­ngan proposal yang baik .

Dia berharap doa  agar keempat ma­ha­sis­wanya, Anugerah Hasan Da­limunthe, Anju Natoras, Alfi Syahri Pi­nem dan Diandro dapat meraih salah satu medali dari banyak kategori yang dipertandingkan untuk mengharumkan nama UMSU di kompetisi tingkat nasional.

Subscribe to receive free email updates:

loading...

0 Response to "Tim FK UMSU Lolos ke Pimnas 2019"

Post a Comment