SELIDIKI Dan USUT TUNTAS !! KOMNAS HAM Turun Ke Lokasi Bentrokan TNI AU Dengan Warga Sari Rejo - Suara Medan | Info Medan Terkini

SELIDIKI Dan USUT TUNTAS !! KOMNAS HAM Turun Ke Lokasi Bentrokan TNI AU Dengan Warga Sari Rejo

SELIDIKI Truss !! KOMNAS HAM Turun Ke Lokasi Bentrokan TNI AU Dengan Warga Sari Rejo
Natalius Pigai saat di wawancarai di tkp kel.sari rejo
SUARAMEDAN.com -Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) turun ke lokasi bentrokan oknum TNI AU dengan warga Kelurahan Sari Rejo, di Jalan Antariksa dan Jalan Teratai, Medan, Sumatera Utara. Kamis (18/8). Mereka menelusuri dugaan pelanggaran HAM yang terjadi.

"Hari ini kami akan mengumpulkan fakta dan data dari masyarakat yang menjadi korban kekerasan yang diduga dilakukan personel TNI AU. Kami juga meninjau lokasi dan melakukan olah TKP," kata Natalius.

Kedatangan TIM juga karena adanya pengaduan dari keluarga korban ke kantor Komnas HAM di Jakarta. Tim yang diturunkan terdiri dari Komisioner Subpemantauan dan Penyelidikan Komnas HAM, Natalius Pigai bersama dua stafnya.

Bukan hanya terkait bentrokan di Sari Rejo, Komnas HAM juga akan menelaah akar masalah peristiwa ini, yaitu sengketa lahan antara masyarakat dan TNI AU. Mereka akan berupaya menghasilkan rekomendasi yang akan menyenangkan semua pihak.  


Natalius Pigai bersama dua stafnya.

"Kami akan melihat persoalan ini berbasiskan UU 39 Tahun 1999 tentang Komnas HAM, jika ada indikasi pelanggaran HAM berat, maka kita akan pakai UU No 26 Tahun 2000 tentang Pengadilan HAM," ujar Natalius.

Setelah bertemu warga Sari Rejo, tim menjadwalkan bertemu Panglima Kodam I/ Bukit Barisan Mayjen Lodewick Pusung petang ini. Selanjutnya mereka juga akan bertemu Komandan Lanud Soewondo Kolonel Arifien Sjahrir.  

Dugaan adanya pelanggaran HAM muncul setelah personel TNI AU diadukan telah bertindak represif  kericuhan unjuk rasa  warga Sari Rejo di Jalan SMA 2, Polonia, Medan, Senin (15/8) sore. Sekurangnya 10 orang terluka, termasuk 2 orang wartawan yang dianiaya aparat TNI AU. Dari 8 warga yang terluka juga terdapat 5 orang yang mengalami luka tembak.

BACA Wartawan Jadi Korban TNI AU

Saat ini Komnas HAM belum bisa mengomentari ada tidaknya pelanggaran yang telah terjadi, karena mereka baru mengumpulkan fakta dan data. "Belum bisa, kami baru memulai. Kami akan mengumumkan hasil temuan kami di Jakarta pekan depan," ucapnya.

Begitupun, Natalius mengaku priharin atas peristiwa yang terjadi. Sebab, ada rakyat yang menjadi korban, termasuk dua jurnalis. "Fakta ada korban, tentu ada pelaku. Itu harus ditindak," jelasnya.

Saat ini Komnas HAM belum bisa mengomentari ada tidaknya pelanggaran yang telah terjadi, karena mereka baru mengumpulkan fakta dan data. "Belum bisa, kami baru memulai. Kami akan mengumumkan hasil temuan kami di Jakarta pekan depan," ucapnya. (kk/sm)

Subscribe to receive free email updates:

loading...

0 Response to "SELIDIKI Dan USUT TUNTAS !! KOMNAS HAM Turun Ke Lokasi Bentrokan TNI AU Dengan Warga Sari Rejo "

Post a Comment