Lepas Keberangkatan Kloter I, Gubsu Minta Doakan Sumut Dijauhkan dari Bencana - Suara Medan | Info Medan Terkini

Lepas Keberangkatan Kloter I, Gubsu Minta Doakan Sumut Dijauhkan dari Bencana

Lepas Keberangkatan Kloter I, Gubsu Minta Doakan Sumut Dijauhkan dari Bencana
SUARAMEDAN.com - Gubernur Sumatera Utara H T Erry Nuradi melepas keberangkatan 390 orang  calon jemaah haji (calhaj) dan petugas Kloter I embarkasi Medan asal dari Padang Lawas, Selasa (9/8) di Asrama Haji Medan. Gubsu berpesan agar calhaj menjaga kondisi fisik dan mendoakan Sumut dijauhkan dari bencana.

Gubenur dalam sambutannya berpesan kepada calhaj agar tidak lupa bersyukur,  karena sudah cukup lama menanti untuk menjadi tamu Allah. “Setelah sekian lama menunggu, sejak mendaftar 5-8 tahun lalu akhirnya tiba juga waktunya. Hari ini kita berkumpul untuk melepas calhaj karenanya wajib kita bersyukur,” kata Gubernur.

Gubenur kemudian mengucapkan selamat jalan kepada tamu Allah yang akan segera menunaikan rukun Islam ke-lima. “Jangan kan menjadi tamu Allah, diundang bupati saja kita senang kan. Apalagi memenuhi undangan Allah. Tentu kita bersyukur,” ujarnya.
  
Gubsu juga meminta para calhaj untuk mendoakan Sumut agar berada dalam situasi kondusif dan aman serta dijauhkan dari bencana. “Saya mendoakan bapak/ibu semua agar menjadi haji mabrur dan mabrurah,” ujar Gubsu .

Gubernur juga meminta para calhaj agar menjaga kondisi fisik karena pada saat ini tanah suci dalam puncak musim panas. “Jaga kesehatan, banyak minum air putih dan perhatikan kemampuan diri, jangan dipaksa kalau kondisi tubuh tidak memungkinkan,” imbuh Gubsu.

Sebanyak 390 orang yang diberangkatkan pada Kloter I asal Padang Lawas tersebut terdiri atas 385 calhaj  dan lima orang petugas haji. Dua orang calhaj ditunda keberangkatannya yatu pasangan suami istri Muhammad Nasrun Tanjung (56) dan Ummi Kalsum Simamora (55) asal Desa Aek Bonban Barumum. Ummi Kalsum hingga saat terakhir belum juga keluar Visa keberangkatannya karena ditolak sistem. Muhammad Nasrun memutuskan ikut menunda keberangkatan untuk menemani sang istri .

Ketua PPIH Tohar Bayo Angin menjelaskan embarkasi Medan akan memberangkatkan 6.673 jemaah dan petugas yang terdiri dari 6.588 jemaah dan 85 petugas haji dalam 17 kloter. Pemberangkatan gelombang pertama yaitru kloter 1 hingga ke 11 menuju Madinah, sedangkan gelombang kedua mulai kloter 12-17 masuk melalui Bandara King Abdul Azis.

Dalam kesempatan itu Gubsu menyerahkan bendera kepada pimpinan kloter Abrar Hia Mahmdu Yusri. Selanjutkan dilaksankana pembacaan talbiah, selawat dan doa yang menyebabkan para jemaah calhaj terharu hingga banyak yang meneteskan air mata.

Hadir Bupati Padang Lawasn H Ali Sutan Harahap, Ketua Panitia Penyelenggaraan Ibadah Haji (PPIH) yang juga Kakanwil Kemenag Sumut Tohar Bayo Angin Harahap dan vice president PT Garuda Syamsudin.[sm]

Subscribe to receive free email updates:

loading...

0 Response to "Lepas Keberangkatan Kloter I, Gubsu Minta Doakan Sumut Dijauhkan dari Bencana"

Post a Comment