Didukung Walikota, Pasar Raya Padang Bakal Jadi Tempat Berwisata Malam Hari - Suara Medan | Info Medan Terkini

Didukung Walikota, Pasar Raya Padang Bakal Jadi Tempat Berwisata Malam Hari

SUARAMEDAN.com - Padang, Association of the Indonesian Tours and Travel (Asita) Sumatera Barat berencana akan menjadikan Pasar Raya Padang sebagai salah satu alternatif tempat wisata pada malam hari. Rencana ini mendapat dukungan dari Walikota Padang. Pemerintah Kota Padang pun menunggu bentuk atau konsep yang diusung Asita menjadikan Pasar Raya sebagai tempat wisata malam hari.

"Kita setuju, kita tunggu konsep dari Asita untuk dipresentasikan," ujar Walikota Padang, H. Mahyeldi Dt Marajo, Sabtu (6/8) malam.

Sebelumnya, Ketua Association of the Indonesian Tours and Travel (Asita) Sumatera Barat, Ian Hanafiah mengatakan Pasar Raya Padang merupakan salah satu alternatif tempat wisata pada malam hari. Karena pada umumnya wisatawan tidak ada kegiatan pada waktu tersebut.

"Pada malam hari para wisatawan yang menginap di hotel itu tidak ada kegiatan, hanya berdiam di kamar saja, oleh sebab itu ide untuk membuat wisata malam hari di Kota Padang sangat menjanjikan," katanya.

Aspek yang dapat ditonjolkan dalam wisata malam tersebut menurut Ian seperti kuliner souvenir, dan seni serta budaya.

"Kurang lebih konsepnya sama dengan wisata malam hari yang ada di Singapura, disana mereka dapat mencicipi makanan tradisional dan membeli oleh-oleh, bisa juga saat malam Sabtu atau Minggu ditampilkan kelompok-kelompok seni dari Minangkabau," paparnya.

Ian menjelaskan, mulai dari Tugu Air Mancur Pasar Raya tersebut hingga jalan menuju Permindo dapat digunakan pada malam hari, tanpa mengganggu pedagang yang berjualan di siang hari.

"Misalnya pedagang yang berjualan pada siang hari tutup pada pukul 18.00 WIB, nah untuk penjual malam hari siap-siap untuk buka," jelasnya.

Lebih lanjut Ian menyebutkan, untuk idenya penjual akan menggelar dagangan di sisi kiri dan kanan jalan, pembeli akan berjalan ditengah-tengah.

Ia berharap ide kreatif tersebut dapat terealisasi dibantu oleh Pemerintah Kota, karena wisata malam tersebut tidak hanya untuk berbelanja namun juga sebagai ajang promosi hotel dan wisata.

"Untuk mewujudkannya tentu perlu dukungan semua pihak, tidak hanya Asita dan Pemkot saja, masyarakat juga sangat dibutuhkan dukungannya, serta sarana dan prasarana juga perlu diperbaiki agar tidak tanggung-tanggung," tutup Ian.

Subscribe to receive free email updates:

loading...

0 Response to "Didukung Walikota, Pasar Raya Padang Bakal Jadi Tempat Berwisata Malam Hari"

Post a Comment