Ampuhnya Tekanan Turki, Israel Akhirnya Bayar 20 Juta Dollar AS untuk Korban Mavi Marmara - Suara Medan | Info Medan Terkini

Ampuhnya Tekanan Turki, Israel Akhirnya Bayar 20 Juta Dollar AS untuk Korban Mavi Marmara

SUARAMEDAN.com - Ankara, Parlemen Turki menyetujui kesepakatan dengan Israel bahwa negara yang menindas Palesina itu membayar kompensasi bagi korban tragedi kapal Mavi Marmara 2010, Jumat 19 Agustus 2016.

Anadolu Agency menyiarkan, kesepakatan itu berisi Tel Aviv membayar 20 juta Dolar AS kepada keluarga Mavi Marmara sebagai bagian dari perjanjian normalisasi antara kedua negara pada bulan lalu, setelah enam tahun memutuskan hubungan diplomatik.

Jumlah tersebut akan ditransfer dalam deposito satu waktu ke rekening bank yang dibuka oleh Turki dan dibagikan melalui saluran diplomatik, dan transaksi akan diselesaikan dalam waktu 25 hari kerja dari sejak perjanjian ini disepakati.

Awal bulan ini, Perdana Menteri Turki Binali Yildirim mengatakan Tel Aviv memenuhi semua prasyarat Ankara untuk normalisasi hubungan yang diputuskan oleh Turki pada tahun 2010 setelah pasukan komando Israel menyerbu kapal bantuan Turki untuk Gaza di perairan internasional.

Serangan itu mengakibatkan kematian sembilan aktivis Turki dan meninggalkan 30 lainnya terluka, satu di antaranya meninggal karena luka-lukanya hampir empat tahun kemudian.

Sebagai buntut dari serangan itu, Turki menuntut permintaan maaf resmi dari Israel, kompensasi untuk keluarga korban yang tewas dan pencabutan blokade Israel di Gaza.

Pada tahun 2013, Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu menyuarakan penyesalan atas insiden untuk kemudian perdana menteri Turki (sekarang Presiden), Recep Tayyip Erdogan.

Selain membayar kompensasi tersebut, Israel telah setuju untuk kehadiran bantuan kemanusiaan dari Turki ke Jalur Gaza yang mereka jajah.

Subscribe to receive free email updates:

loading...

0 Response to "Ampuhnya Tekanan Turki, Israel Akhirnya Bayar 20 Juta Dollar AS untuk Korban Mavi Marmara"

Post a Comment