Respon Obama Terhadap Kudeta Turki Dikritik - Suara Medan | Info Medan Terkini

Respon Obama Terhadap Kudeta Turki Dikritik

SUARAMEDAN.com - Analis politik Al Jazeera, Marwan Bishara mengkritik respon presiden AS, Barack Obama, terhadap upaya kudeta yang dilancarkan Turki, yang mengatakan akan memonitor situasi.

"Ini tidak bisa diterima. Bagaimana mungkin, untuk kejadian di Nice ia segera mengutuk itu sebagai tindak terorisme, tapi ia tidak menyebut hal serupa terhadap upaya kudeta ini," kecamnya.

Mendapat kecaman ini, Obama baru saja memperbaharui statemennya dgn menyerukan agar seluruh parpol mendukung pemerintahan yg telah diipilih secara demokratis.

Dilaporkan ribuan rakyat di seantero Turki turun ke jalan memprotes upaya kudeta meski jam malam diberlakukan. Grup militer yang memblokir bandara dilaporkan mundur teratur karena reaksi rakyat. Gambar dari Al Jazeera baru saja (06:40 wib) menunjukkan ratusan rakyat menerobos masuk dan menguasai terminal keberangkatan bandara di Istambul).

Panglima militer Divisi.1 dan Panglima AL mengeluarkan statemen bhw mereka tidak mendukung kudeta.

Bahkan para pemimpin parpol oposisi menyatakan tidak mendukung kudeta. Erdogan sempat dikabarkan menolak mendarat di airport Istambul dan menyerukan rakyat bersatu dan turun ke jalan menolak upaya kudeta.

Dalam pernyataannya Erdogan juga menyampaikan pesan yang tegas, "Kami akan memberikan balasan yang setimpal kepada mereka yang menggerakkan upaya kudeta ini," tegasnya.

Subscribe to receive free email updates:

loading...

0 Response to "Respon Obama Terhadap Kudeta Turki Dikritik"

Post a Comment