Hari Pertama Kerja, 68 ASN Pemprov Sumut Bolos - Suara Medan | Info Medan Terkini

Hari Pertama Kerja, 68 ASN Pemprov Sumut Bolos

SUARAMEDAN.com - Tingkat kehadiran Aparatur Sipil Negara (ASN) di jajaran Pemerintah Provinsi Sumatera Utara pada hari pertama kerja setelah cuti bersama Hari Raya Idul Fitri mencapai 99%, Senin (11/7). Dari 6.612 ASN Peprov Sumut yang berkantor di Kota Medan tercatat 68 orang yang tidak hadir tanpa alasan.

Jumlah kehadiran ini meningkat jika dibandingkan tahun sebelumnya, dimana pada kesempatan yang sama di tahun sebelumnya, sebanyak 78 orang tidak hadir tanpa keterangan. Gubernur mengatakan kepada para PNS yang tidak hadir tanpa keterangan  tersebut akan dijatuhi hukuman disiplin berupa penundaan kenaikan pangkat selama satu tahun bagi PNS yang menduduki jabatan struktural dan penundaan kenaikan gaji berkala bagi PNS non struktural.

Gubernur saat memimpin apel di Kantor Gubsu menyampaikan apresiasi kepada ASN yang disiplin,  hadir  masuk kerja tepat waktu pada hari pertama masuk kerja.  "Mari tunjukkan semangat kerja, saya berharap awal yang baik menjadi pemicu bekerja lebih giat lagi, sehingga apa yang menjadi tugas dapat dilaksanakan sebaik- baiknya," ujar Gubernur di hadapan pejabat eselon II, III dan IV serta para staf yang hadir.

Gubernur mengucapkan selamat Hari Raya Idul fitri 1437 H dan Mohon Maaf Lahir Batin kepada seluruh ASN di jajaran Pemprovsu. "Semoga usai menjalankan ibadah puasa dan pada bulan Fitri ini kita mampu menjadi pribadi yang lebih baik dan semakin kompak mewujudkan provinsi Sumut yang lebih baik. Mudah-mudahan hari ini, dengan semangat baru yang tinggi kita mengawali kerja membangun dan melayani masyarakat," kata Erry Nuradi.

Kepada pimpinan SKPD di jajaran masing-masing, Gubsu meminta agar  benar-benar dilakukan pemantauan disiplin aparatur masing-masing. Dia meminta Kepala SKPD memberikan teguran tertulis apabila ada ASN yang belum masuk kerja hari ini. Sedangkan Sekda bisa memberi teguran kepada pejabat eselon II.

Dalam sambutannya, Gubernur menyampaikan ada beberapa capaian yang sudah diraih. Dari 33 kabupaten/kota dan 1 provinsi di Sumut, tahun ini ada tiga daerah yaitu Pemprov sumut dan dua kabupaten/kota yang berhasil yang berhasil meraih WTP. Sementara tahun lalu ada 16 daerah di Sumut termasuk Pemprovsu yang meraih WTP. Hal ini disebabkan ada kewajiban laporan keuangan berbasis akrual yang harus dipenuhi Pemda. "Tahun Ini tentu lebih bergengsi, dan kita bersyukur Pemprovsu kembali meraih WTP," kata Erry.

Dalam kesempatan itu dia menekankan jajaran Pemprov Sumut bisa melakukan percepatan akselerasi pembangunan. Sebagai contoh di Surabaya, APBD yang sisa tidak disilvakan untuk dimasukkan ada anggaran tahun berikutnya melainkan langsung dioptimalkan melalui PAPBD. "Saya perhatikan di SKPD ada banyak sisa anggaran setelah lelang. Olehkarena itu bisa dioptimalkan untuk dialokasikan sehingga percepatan pembangunan bisa dilakukan," katanya.

Hal lain yang diingatkan Erry adhal soal integritas aparatur, yang meurutnya berda diatas kejujuran. "Saya harap ASN jajaran Pemprovsu miliki integritas yang tinggi. Apalagi sudah tandatangani mou dengan KPK untuk perbaikan 9 poin, Sekda bisa mengawal sehingga Sumatera Utara bisa keluar dari persoalan," kata Erry.

Dia juga mengatakan pada awal Syawal ini, akan masuki proses lanjutan dari promosi, rotasi dan pengisian jabatan kosong. "Proses ini sudah diatur oleh komite ASN untuk dilelang jabatan. Saya berharap terpilih pimpinan SKPD yang pantas untuk mendapatkan posisi terbaik," uar Gubsu.

Usai memimpin apel, Gubernur dan seluruh ASN bersalaman dan dilanjutkan dengan berfoto bersama. Selanjutnya, Gubernur didampingi Sekda Hasban Ritonga melakukan inspeksi ke lingkungan sekretariat Daerah di Kantor Gubsu yaitu ke Biro Umum dan Biro Keuagan. Usai itu, Gubernur mempi sidak ke Kantor Dinas Pendidikan Jalan Cik Ditiro, Samsat Medan Utara di Jalan Putri Hijau, Kantor Kesatuan Bangsa Politik dan Perlindungan Masyarakat di Jalan Gatot Subroto.

Sedangkan Sekda Hasban Ritonga memimpin sidak ke Kantor Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa (Bappemas) di Jalan Perintis Kemerdekaan , Dinas Kesehatan di Jalan HM Yamin dan Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah di Jalan Brigjen Katamso.

Di Samsat Medan Utara Jalan Putri Hijau Gubsu sempat berdialog dengan masyarakat yang sedang mengurus penerbitan dan perpanjangan STNK, pembayaran PKB dan BBN KB. Tampak Kantor Samsat Medan Utara dipenuhi warga masyarakat yang membuthkan pelayanan. Kantor tersebut sudah buka sejak Sabtu (9/7), namun kebanyakan warga baru mendatangi Kantor Samsat pada Senin (11/7).

Tidak hanya memeriksa kehadiraan ASN, Gubsu sekaligus memantau aset gedung perkantoran Pemprov Sumut di lokasi Pekan Raya SUmatera Utara. Dia berencana mengoptimalakan pemanfaatan kompleks gedung PRSU yang selama ini hanya dipakai sebulan dalam setahun. "Kalau bisa kompleks gedung perkantoran ini bisa dioptimalkan penggunaannya sepanjang tahun sebagai sarana promosi pariwisata dan UKM serta investasi," kata Gubsu.

Subscribe to receive free email updates:

loading...

0 Response to "Hari Pertama Kerja, 68 ASN Pemprov Sumut Bolos"

Post a Comment