Pagi ini !, Gempa Guncang Bengkulu Terasa Sampai Padang - Suara Medan | Info Medan Terkini

Pagi ini !, Gempa Guncang Bengkulu Terasa Sampai Padang

SUARAMEDAN.com - Hari Minggu 19 Juni 2016, gempabumi tektonik mengguncang wilayah Provinsi Bengkulu dan Sumatera Barat bagian selatan. Hasil analisis BMKG menunjukkan bahwa gempabumi ini terjadi pada pukul 04.15.51 WIB dengan kekuatan M=5,4 SR dengan koordinat episenter terletak pada koordinat 3,26 LS dan 101,31 BT, tepatnya di laut pada jarak 66 kilometer arah baratdaya Mukomuko, Bengkulu, pada kedalaman hiposenter 54 kilometer.

Dampak gempabumi berdasarkan Peta Tingkat Guncangan (shake map) BMKG menunjukkan bahwa guncangan dirasakan di Kota Bengkulu, Mukmuko, Penampung, Ketaun, Ipuh dan Kepulauan Mentawai dalam skala intensitas II-III MMI (II SIG-BMKG). Sementara itu di daerah Pesisir Selatan hingga Padang Sumatera Barat, guncangan dirasakan dalam skala intensitas II MMI (I SIG-BMKG). Meskipun banyak warga di Bengkulu sempat berlarian keluar rumah untuk meyelamatkan diri, tetapi hingga penjelasan gempabumi ini disusun, belum ada laporan adanya kerusakan bangunan akibat gempabumi.

Hasil analisis BMKG menunjukkan bahwa gempabumi ini disebabkan oleh aktivitas subduksi Lempeng Indo-Australia ke bawah Lempeng Eurasia dengan hiposenter terletak di zona transisi Megathrust-Benioff. Karena hiposenter berada di kedalaman 54 kilometer maka gempabumi ini masih disebut sebagai gempabumi dangkal karena kedalamannya kurang dari 60 kilometer, namun demikian spektrum guncangan gempabumi ini masih cukup luas hingga dapat dirasakan di Padang, Sumatera Barat.

Analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi ini dipicu oleh mekanime penyesaran naik (thrust fault). Sehingga patut kita syukuri bahwa gempabumi yang terjadi pada kedalaman 54 kilometer dengan kekuatan relatif kecil M=5,4 sehingga tidak berpotensi menimbulkan tsunami.

Terkait operasional baru di BMKG, yaitu monitoring precursor menunjukkan bahwa gempabumi ini precursornya sudah muncul pada tanggal 2 Juni 2016 dengan azimuth 336 dan resolusi azimuth 45 derajat, dengan cakupan wilayah di zona subduksi lempeng.

Terkait peristiwa gempabumi Bengkulu-Sumatera Barat, hingga laporan ini dibuat pada pukul 05.20 WIB belum ada aktivitas gempabumi susulan (aftershocks), untuk itu masyarakat dihimbau agar tetap tenang, dan terus mengikuti arahan BPBD dan BMKG. Khusus masyarakat di daerah pesisir barat Bengkulu-Sumatera Barat, dihimbau agar tidak terpancing isu yang tidak bertanggungjawab karena gempabumi ini tidak berpotensi tsunami.

Demikian keterangan DARYONO Kepala Bidang Mitigasi Gempabumi dan Tsunami BMKG.

Subscribe to receive free email updates:

loading...

0 Response to "Pagi ini !, Gempa Guncang Bengkulu Terasa Sampai Padang"

Post a Comment