Plt Gubsu Buka Pekan Inovasi Sumut ke-4 tahun 2016 - Suara Medan | Info Medan Terkini

Plt Gubsu Buka Pekan Inovasi Sumut ke-4 tahun 2016

Plt Gubsu Buka Pekan Inovasi Sumut ke-4 tahun 2016
SUARAMEDAN.com - Pelaksana Tugas Gubernur Sumatera Utara H T Erry Nuradi membuka Pekan Inovasi Sumatera Utara Ke-empat Tahun 2016 di Lapangan Merdeka, Medan, Rabu (19/5). Pameran berlangsung selama empat hari mulai 19-22 Mei 2016 menampilkan karya inovatif untuk menggali potensi unggulan daerah agar mampu bersaing di era MEA.

Plt Gubsu dalam sambutannya mengharapkan kegiatan pameran dapat menciptakan pasar untuk produk-produk unggulan daerah yang potensial serta produk-produk karya kreatif dan inovatif. “Ini juga upaya membangun daya saing ekonomi Sumatera Utara serta membangun komunikasi strategus tentang investasi daerah,” ujar Erry.

Dalam kesempatan itu, Erry mengatakan peningkatan perekonomian Sumatera Utara tidak terlepas dari tingginya realisasi investasi yang ada di Sumatera Utara yang mencapai Rp 11,6 triliyun pada tahun 2015 dan pada tahun 2016 ini ditargetkan investasi mencapai Rp 12 triliyun.

Upaya –upaya yang dilakukan oleh Pemerintah Sumatera Utara untuk menarik minat investor adalah dengan memberikan kemudahan dan insentif salah satunya melalui Peraturan Daerah Nomor 2 tahun 2015 tentang Pemberian Insentif dan Kemudahan Penanaman Modal. Kemudahan lainnya adalah investasi langsung kontruksi dan layanan cepat izin investasi dalam waktu tiga jam yang diberikan kepada investor yang menanamkan modalnya minimal Rp 100 milyar dan atau menyerap tenaga kerja minimal 1.000 orang.

Upaya lain yang dilakukan oleh Pemerintah Provinsi Sumatera Utara dalam meningkatkan investasi adalah dengan meningkatkan infrastruktur seperti yang saat ini sedang dikembangkan diantaranya pembangunan jalan tol, jalur kereta api, bandara perintis, Kawasan Ekonomi Khusus Sei Mangkei dan pembangunan kawasan industri di Kabupaten Batubara sebagai Pusat Industri alumunium.

Hadir Wakil Walikota Medan, Wakil Walikota Gunung Sitoli, Wakil Bupati Batubara, Deputi Kepala Perwakilan BI Subiantoro, GM Angkasa Pura II Iwan Trishadiyanto, Kepala Regional OJK Ahmad Sukro Tratmono, Ketua KADIN Ivan ISkandar Batubara, Dirut PDAM Tirtanadi Sutedi Raharjo dan Kepala Badan Penanaman Modal Provsu Hj Purnama Dewi.

Ketua Panitia Hj Purnama Dewi menjelaskan serangkaian kegiatan dalam Pameran Inovasi Sumut yang keempat tahun ini diikuti oleh 91 peserta dengan jumlah stand 115 stand. Terjadi peningkatan signifikan disbanding tahun sebelumnya yang diikuti oleh 80 peserta. “Untuk tahun ini terdapat 5 peserta yang berasal dari Kementerian RI, 3 peserta dari luar Provinsi SUmut, 16 peserta dari BUMN/BUMD dan sisanya dari perguruan tinggi, rumahsakit dan perusahaan swasta lainnya.

Pekan Inovasi Sumut keempat tahun 2016 ini diselenggarakan kembali oleh PT Camico Loyalindo, Jakarta bekerjasama dengan Badan Penanaman Modal dan Promosi Sumatera Utara.

Menurut Purnama Dewi pameran merupakan upaya dan juga promosi yang lebih insentif untuk menarik minat pengunjung untuk datang dan melakukan transaksi bisnis. “Kami berharap kegiatan ini berjalan sukses danmampu memberikan kontribusi positif dalam peningkatan perekonomian Sumut,” ujar Purnama Dewi.

Dalam rangkaian pameran digelar Sumut Innovation Investmen Forum dengan Tema Perlindungan dan Pemanfaatan Kekayaan Intelektual dan seminar Membangun Inovasi Industri dengan Riset Perguruan Tinggi. Selain itu digelar Karnaval atau parade budaya yang akan diikuti oleh putra-putri di Sumatera Utara dengan menampilkan Inovasi Busana yang menggabungkan unsure etnis daerah-daerh di Sumatera Utara.  Selain itu, akan digelar Indieschool Festival Band yang akan diikuti oleh pelajar dan remaja se Sumut dan berbagai lomba.[sm]

Subscribe to receive free email updates:

loading...

0 Response to "Plt Gubsu Buka Pekan Inovasi Sumut ke-4 tahun 2016"

Post a Comment