Tangkal Flu Dengan Kiat Jitu Ini - Suara Medan | Info Medan Terkini

Tangkal Flu Dengan Kiat Jitu Ini

Tangkal Flu Dengan Kiat Jitu Ini


SUARAMEDAN.com -Flu adalah penyakit populer yang sangat mudah menular, terutama saat musim pancaroba. Efeknya, begitu daya tahan tubuh drop, Anda berpotensi besar tumbang terpapar virus influenza dan tak berdaya. Agar tak KO karena flu, ada beberapa jurus jitu yang bisa Anda lakukan yang kami kutip dari Redaksi Fitness For Men .

> Go Green

Lengkapi sarapan Anda dengan menengguk teh hijau. Teh hijau mengandung catechin yang memiliki efek meningkatkan kekebalan. Penelitian di Jepang yang dilakukan oleh Hiroshi Yamada, MD, Ph.D menunjukkan bahwa minum 2 cangkir teh hijau setiap hari mampu menjauhkan seseorang dari risiko terkena flu hingga 70 persen. Dr. dr. Iris Rengganis, SpPD, KAI, FINASIM dari Divisi Alergi Imunologi Klinik, Departemen Ilmu Penyakit Dalam FKUI/RSCM menambahkan, ada dua zat utama dalam teh hijau yang mampu menjaga tubuh dari ancaman flu, yakni catechin dan theanine . Keduanya adalah antioksidan yang sangat berguna untuk melawan penyakit. " Catechin mampu mengikat virus influenza, sedangkan theanine diyakini mampu meningkatkan imunitas," katanya.

Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan untuk mendapatkan manfaat minum 2 cangkir teh hijau tersebut, yaitu:

1. Teh berupa rebusan daun lebih baik dari teh dalam kantung.

Konsentrasi senyawa catechin dan theanine pada teh rebusan lebih tinggi dibanding teh kantung.

2. Seduh teh dalam air yang panas dan lama.

Menyeduh teh hijau dalam waktu yang lama pada suhu air lebih dari 100 derajat celcius mampu meningkatkan konsentrasi catechin.

3. Teh hijau lebih baik .

Teh hijau memiliki kadar senyawa catechin dan theanine yang paling tinggi dibanding teh jenis lain untuk pencegah flu. Jika memang tidak ada teh hijau, teh putih dan teh oolong sebagai alternatif.


> Cuci Tangan

Dokter Iris mengatakan, hal pertama yang dapat dilakukan untuk melindungi diri dari flu adalah sering mencuci tangan secara menyeluruh. Dalam keadaan mendesak, gunakan hand sanitizer atau cairan pembersih tangan yang mengandung setidaknya 60 persen alkohol. “Kedengarannya sangat sederhana, tetapi banyak orang yang tidak melakukannya. Padahal, tangan adalah sarang dari berbagai virus dan bakteri,” tegasnya. Sebelum dan sesudah makan, setelah dari kamar mandi selalu cucilah tangan Anda menggunakan sabun dengan air yang mengalir.

> Makan Bawang Putih

Bawang putih mengandung ajoene , zat yang mengurangi peradangan. Bawang putih juga dapat membantu meningkatkan daya tahan Anda terhadap infeksi karena sifat antiseptik dan anti-jamur tersebut. Peneliti dari University of Maryland menemukan fakta bahwa kandungan allion dan allicin, zat kimia yang terkandung di bawang putih, bersifat anti-bakteri dan anti-jamur sehingga disarankan untuk mengunyah sesiung bawang putih mentah setiap tiga atau empat jam sekali selama musim flu.

Tak tahan aromanya? Iris kecil dan telan. Atau, Anda juga dapat mencampurnya dengan madu.

> Hindari Stres

Hormon stres cenderung menekan aktivitas sistem imunitas Anda. Karenanya, luangkan waktu minimal 5 menit untuk melakukan hal yang bisa membuat Anda senang. Atau, cobalah untuk tidur sejenak. Dokter Iris mengatakan bahwa tidur efektif membantu menghilangkan stres. “Ketika kurang tidur, tubuh akan memproduksi terlalu banyak sitokin, protein yang memicu gejala flu saat Anda sakit,” ungkapnya.

> Berolahraga

"Lakukan olahraga ringan, seperti jalan cepat, joging, atau bersepeda bisa menolong Anda untuk menambah sistem kekebalan badan. Karena saat olahraga, aliran darah Anda jadi lancar serta beragam jenis toksin bisa dengan gampang dikeluarkan dari badan. Hingga sistem kekebalan badan Anda juga menguat," terang dr. Michael Triangto, Sp.KO, spesialis kedokteran olahraga dari Slim And Health Sport Therapy, Jakarta. “Berolahraga sedikitnya dua setengah jam saja per pekan ternyata cukup menambah daya tahan tubuh terhadap virus flu,” tambahnya. Anda juga bisa melakukan yoga. Pilih yoga yang ringan dan bertempo lambat.

Catat ini: Olahraga merangsang reaksi dalam sistem kekebalan tubuh kita, terutama aktivitas sel-sel darah putih, sekaligus meningkatkan proses metabolisme. Tapi, jangan berolahraga berat saat flu karena justru akan melemahkan sistem kekebalan tubuh.

> Vaksinasi

Dewasa ini, vaksin flu menjadi salah satu pilihan efektif mencegah flu. “Dengan melakukan vaksin, Anda akan terhindar dari infeksi virus influenza hingga 80%. Memang, masih berpotensi terkena flu, tapi jauh lebih kecil dari orang yang tidak melakukan vaksin flu,” jelas dr. Iris. Vaksin flu berisi virus influenza yang sudah dimatikan. Virus itu dimasukkan ke dalam tubuh dengan cara injeksi atau semprot untuk merangsang tubuh membentuk antibodi.

Menurut dr. Iris, secara otomatis tubuh membentuk antibodi saat virus akan masuk ke dalam tubuh. “Akan tetapi, perkembangan virus influenza di dalam tubuh lebih cepat daripada pembentukan antibodi. Karena itu, perlu vaksin flu sebagai langkah antisipasi. Selain itu, virus influenza selalu bermutasi sehingga antibodi yang sebelumnya sudah terbentuk belum tentu bisa menangkal virus yang datang setelahnya. Karena itu, vaksin flu perlu dilakukan tiap tahun,” jelasnya.

>Makan Ikan

Ikan salmon, mackerel, herring, sarden, atau pilchard mengandung asam lemak esensial yang membantu menjaga fleksibilitas membran sel. Tak hanya itu, dr. Iris mengatakan bahwa ikan juga merupakan sumber yang sangat baik dari selenium, yang membantu melindungi sel dari kerusakan akibat radikal bebas dan meningkatkan kekebalan tubuh. “Jika tidak menyukai makan banyak ikan, suplemen Omega 3 dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh,” tambahnya. Omega 3 dapat meningkatkan aktivitas fagosit sel yang melawan flu.

> Makan Jamur

Zinc memainkan peran penting dalam pengembangan dan fungsi tubuh melawan infeksi. Anda bisa menambahkan asupan Zinc dengan mengonsumsi jamur. Shiitake pilihan jamur tebaik dengan mengandung 7.66mg Zinc per 100g. "Jamur juga meningkatkan produksi dan aktivitas sel darah putih. Ini sangat baik bagi tubuh yang sedang mengalami infeksi,” tandas dr. Iris.

Subscribe to receive free email updates:

loading...

0 Response to "Tangkal Flu Dengan Kiat Jitu Ini"

Post a Comment