Penting, Ini Jeda Waktu Yang Tepat Untuk Tidur Setelah Makan - Suara Medan | Info Medan Terkini

Penting, Ini Jeda Waktu Yang Tepat Untuk Tidur Setelah Makan

Penting, Ini Jeda Waktu Yang Tepat  Untuk Tidur Setelah Makan


SUARAMEDAN.com -Perut yang lapar di malam hari terkadang membuat Anda susah tidur. Bolehkah makan sebelum tidur? Ya, boleh saja namanya juga lapar dan perut sudah keroncongan. Namun, sayangnya, setelah makan, banyak yang langsung tidur. Hal inilah yang tak baik untuk kesehatan Anda.

Lantas, berapa waktu yang ideal sejak Anda makan terakhir dan kemudian tertidur? National Sleep Foundation merekomendasikan Anda untuk menunggu setidaknya 2-3 jam setelah makan untuk tidur. Mengapa perlu segitu lamanya?

Membiasakan diri tidur setelah 2-3 jam dari makan terakhir membantu proses pencernaan lancar atau setidaknya membuat makanan yang dikonsumsi sampai ke usus.

Hal ini mengurangi kemungkinan Anda mengalami gangguan pencernaan dan maag. Selain itu, membiasakan diri tidur setelah 2-3 jam dari makan dapat mencegah resiko stroke.

Cristina-Maria Kastorini, MSc, ahli gizi dari University of Ioannina di Yunani mengatakan jika seseorang langsung tidur setelah makan malam maka orang tersebut rentan mengalami refluks asam lambung. Saat tidur, refluks bisa memicu penyempitan saluran napas dan sleep apnea sehingga rentan mengalami henti napas saat tidur.

Meski tidak memicu stroke secara langsung, berbagai penelitian membuktikan bahwa sleep apnea berhubungan dengan risiko kerusakan pembuluh darah di otak yang memicu stroke.

Hal itu didukung juga oleh pernyataan ahli jantung dari Mayo Clinic, David Holmes, MD. Ia berpendapat bahwa langsung tidur setelah makan malam dapat meningkatkan risiko stroke.

"Saat kita makan, kadar gula darah berubah, kolesterol berubah dan aliran darah juga berubah. Semua itu memengaruhi risiko stroke," ungkap Holmes seperti dikutip dari Web MD.

Subscribe to receive free email updates:

loading...

0 Response to "Penting, Ini Jeda Waktu Yang Tepat Untuk Tidur Setelah Makan"

Post a Comment