Hari Ini 15 Kepala Daerah Pemenang Pilkada Dilantik - Suara Medan | Info Medan Terkini

Hari Ini 15 Kepala Daerah Pemenang Pilkada Dilantik

Hari Ini 15 Kepala Daerah Pemenang Pilkada Dilantik
SUARAMEDAN.com - Hari ini, 14 Walikota/Wakil Walikota dan Bupati/Wakil Bupati pemenang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak Tahun 2015, dilantik Plt Gubernur Sumatera Utara H.Tengku Erry Nuradi atas nama Menteri Dalam Negeri (Mendagri). 

Selain, ke-14 Kepala Daerah itu, juga ikut dilantik Syukran Jamilan Tanjung sebagai Bupati Tapanuli Tengah (Tapteng) defenitip, menggantikan Raja Bonaran Situmeang yang terjerat kasus hukum di KPK.

Ke-14 Walikota/Wakil Walikota dan Bupati/Wakil Bupati se Sumatera Utara hasil Pilkada Serentak yang dilantik, pada Rabu (17/2/2016), berlangsung secara massal di Lapangan Merdeka, Medan, masing-masing :

1. Walikota dan Wakil Walikota Binjai, Muhammad Idaham – Timbas Tarigan
2. Walikota dan Wakil Walikota Medan, T Dzulmi Eldin – Akhyar Nasution
3. Bupati dan Wakil Bupati Serdang Bedagai, Soekirman – Darma Wijaya
4. Walikota dan Wakil Walikota Tanjung Balai, M Syahrial-Ismail Marpaung
5. Walikota dan Wakil Walikota Sibolga, Syarfi Hutauruk – Edipolo Sitanggang
6. Bupati dan Wakil Bupati Labuhanbatu, Pangonal Harahap – Andi Suhaimi Dalimunthe
7. Bupati dan Wakil Bupati Asahan, Taufan Gama Simatupang – Surya
8. Bupati dan Wakil Bupati Labuhanbatu Utara, Kharuddin Syah – Dwi Prantara
9. Bupati dan Wakil Bupati Labuhanbatu Selatan, Wildan Aswan Tanjung – Kholil Jufri Harahap
10. Bupati dan Wakil Bupati Toba Samosir, Darwin Siagian – Hulman Sitorus
11. Bupati dan Wakil Bupati Humbang Hasundutan, Dosmar Banjarnahor – Saut Parlindungan
12. Bupati dan Wakil Bupati Tapanuli Selatan, Syahrul M Pasaribu dan Aswin Efendi Siregar
13. Bupati dan Wakil Bupati Samosir, Rapidin Simbolon – Juang Sinaga
14. Bupati dan Wakil Bupati Pakpak Bharat, Remigo Yolando Berutu – Maju Ilyas Padang.

“Jumlah total Kepala Daerah yang dilantik hasil Pilkada Serentak 2015 ada 14 Daerah, dan satu daerah yang dilantik menjadi Bupati definitif, yakni Bupati Tapanuli Tengah,” kata Plt Gubernur Sumatera Utara, T Erry Nuradi, saat ditemui awak media, Selasa (16/2/2016).

Kata Erry Nuradi, salinan SK pelantikan seluruh pasangan calon sudah di terima. Pegawai yang diutus untuk menjemputnya dari Jakarta, tadi siang (Selasa) sudah terbang menuju Medan tempat pelantikan seluruh kepala daerah tersebut digelar, dan sesuai instruksi pelantikan diselenggarakan di Ibukota Provinsi, yakni Kota Medan,” sebutnya.

“Dengan dilantiknya 14 Kepala Daerah hasil Pilkada Serentak, maka masih terdapat tujuh kepala daerah yang sudah terpilih hasil Pilkada Serentak 2015, belum dilantik disebabkan Akhir Masa Jabatan (AMJ) belum berakhir, yakni, Nias, Nias Selatan, Nias Utara, Nias Barat, Kota Gunung Sitoli, Kabupaten Karo dan Mandailing Natal,” papar Erry Nuradi yang juga Ketua DPW Partai Nasdem ini.

Saat menjawab pertanyaan awak media, disebutkan Plt. Gubsu, pihaknya menunggu instruksi dari Mendagri. “Jika Mendagri menginstruksikan ke-tujuh daerah tersebut dilantik meski belum habis masa jabatan, maka Pemerintah Provinsi hanya tinggal melaksanakan pelantikan,” ujarnya.

Untuk diketahui, pelaksanaan Pilkada Serentak Tahun 2015 di Provinsi Sumatera Utara, awalnya akan digelar 23 Kabupaten/Kota. Dimana tercatat, ada 14 Kabupaten/Kota menggelar Pilkada karena AMJ kepala daerah habis pada tahun 2015. Sedangkan 9 daerah lainnya, AMJ kepala daerahnya berakhir pada semester pertama tahun 2016.

Namun kenyataannya,  dalam perjalanan waktu, dari 23 daerah itu,  proses tahapan dua daerah terkendala karena proses hukum, yakni Kota Pematang Siantar dan Kabupaten Simalungun tertunda pelaksanaan Pilkada disebabkan sengketa tahapan. Hingga saat ini, terdapat satu daerah yang tersisa belum melaksanakan Pilkada, yakni Pematang Siantar, sedangkan Pilkada Simalungun telah dilaksanakan pencoblosan pada 10 Februari 2016. Namun, hasilnya belum disahkan KPU Kabupaten Simalungun, dan kemungkinan hasilnya akan bergulir ke Mahkamah Konstitusi.[SM]

Sumber : Karakternews.com

Subscribe to receive free email updates:

loading...

0 Response to "Hari Ini 15 Kepala Daerah Pemenang Pilkada Dilantik "

Post a Comment