Densus 88 Salah Tangkap Lagi - Suara Medan | Info Medan Terkini

Densus 88 Salah Tangkap Lagi

Densus 88 Salah Tangkap LagiSUARAMEDAN.com - Kasus salah tangkap yang dilakukan pasukan Detasemen Khusus 88 (Densus 88) Kembali Terjadi, Setelah dilakukan pemukulan, hingga larangan untuk shalat, Densus 88 ternyata salah menangkap orang.

Aksi Densus 88 ini disesalkan oleh Ketua Komisi VII DPR, Saleh Partaonan Daulay. Menurutnya kasus salah tangkap bisa mengurangi citra dan profesionalisme korps elit kepolisian tersebut.

"Ada dua warga Solo yang salah tangkap ketika hendak menuju ke masjid. Setelah diperiksa ternyata mereka bukan teroris. Kejadian itu sangat disesalkan apalagi yang ditangkap tentu mendapat tekanan fisik maupun psikis," katanya di Jakarta, Kamis (31/12).

Saleh mengatakan, kejadian salah tangkap oleh Densus 88 bukan sekali terjadi. Menurut catatan Saleh, pada pertengahan Mei 2014 Densus 88 juga melakukan kesalahan tangkap di Solo terhadap warga Desa Banyu Barjo.

Begitu pula pada akhir Juli 2013, Densus 88 telah salah menangkap dua warga Muhammadiyah dan pada akhir Desember 2012 juga terjadi salah tangkap 14 warga Poso.

"Saya kira masih ada beberapa kasus salah tangkap lainnya yang sempat menjadi perhatian publik. Densus 88 maupun Kepolisian RI secara kelembagaan harus meminta maaf kepada korban salah tangkap maupun kepada publik," jelasnya.

Saleh menegaskan, Densus 88 dan Kepolisian RI harus meminta maaf kepada korban salah tangkap dan keluarganya karena mereka dirugikan secara fisik maupun psikis.

Kemudian, kata dia, Densus juga harus melakukan perbaikan prosedur penangkapan terduga teroris. Informasi intelijen yang diberikan kepada Densus 88 harus benar-benar valid dan dapat dipertanggungjawabkan sehingga eksekutor di lapangan tak lagi melakukan kesalahan serupa.

"Kita memahami bahwa terorisme sangat mengancam eksistensi NKRI. Namun demikian, penanganannya harus betul-betul cermat dan hati-hati. Dengan begitu, prestasi-prestasi yang dimiliki Kepolisian, khususnya Densus 88 tidak ternodai," jelasnya.

Subscribe to receive free email updates:

loading...

0 Response to "Densus 88 Salah Tangkap Lagi"

Post a Comment