Reshuffle Kabinet, Bukti Kuatnya Tekanan PDIP - Suara Medan | Info Medan Terkini

Reshuffle Kabinet, Bukti Kuatnya Tekanan PDIP

Reshuffle Kabinet, Bukti Kuatnya Tekanan PDIP

SUARAMEDAN.com -JAKARTA-Reshuffle Menteri yang dilakukan Jokowi pada Rabu 12 Agustus  kemarinn menunjukkan begitu besarnya tekanan PDIP ke Jokowi. Hal itu seperti di ungkapkan Pengamat Politik Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah, Pangi Syarwi Chaniago. 

Beliau  berpendapat Jokowi semakin mengakomodir kepentingan PDI Perjuangan di pemerintahannya. Hal ini menyikapi bertambahnya kuota politikus partai itu di kabinet, serta tidak adanya satupun Menteri dari PDIP yang di ganggu gugat. Padahal kinerja menterinya seperti Puan, tidak jelas.

"Lihat saja dengan masuknya Pramono Anung ke kabinet sekarang. Lalu ditambah lagi berkurangnya jatah Nasdem dan juga orang profesional," ujarnya Rabu (12/8). Hal ini membuktikan  tekanan PDIP ke Jokowi masih kuat.

Dalam momentum reshuffle ini, Presiden Jokowi terkesan tunduk dan terkooptasi oleh figur Megawati selaku ketum PDI Perjuangan.

"Tak bisa dipungkiri kesan yang ditangkap sekarang Jokowi hati hati dalam melakukan reshuffle. Dimana untuk tokoh tokoh seperti Puan Maharani dan menteri PDI Perjuangan lainnya tak diotak atik kursinya," ujar dia.

Sebelumnya Presiden Jokowi melakukan perombakan kabinet, antara lain mengangkat Rizal Ramli sebagai Menteri Koordinator Kemaritiman menggantikan Indroyono Soesilo.

Presiden mengangkat Pramono Anung sebagai Sekretaris Kabinet menggantikan Andi Widjajanto. Jokowi juga mengangkat Sofyan Djalil sebagai Menteri PPN/ Kepala Bappenas menggantikan Andrianof Chaniago, dan menunjuk Thomas T Lembong menggantikan Rahmat Gobel sebagai Menteri Perdagangan.

Tak hanya itu, Presiden juga mengangkat Luhut Binsar Pandjaitan sebagai Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan menggantikan Tedjo Edhy Purdijatno, serta menunjuk Darmin Nasution sebagai Menteri Koordinator Bidang Perekonomian menggantikan Sofyan Djalil.
sumber:
ROL

Subscribe to receive free email updates:

loading...

0 Response to "Reshuffle Kabinet, Bukti Kuatnya Tekanan PDIP"

Post a Comment