Menikah Tanpa Pacaran, Bisakah? - Suara Medan | Info Medan Terkini

Menikah Tanpa Pacaran, Bisakah?

Menikah Tanpa Pacaran, Bisakah?


SUARAMEDAN.com - Setiap pasangan yang memutuskan ingin menikah biasanya menjalin hubungan asmara terlebih dahulu. Sedangkan pernikahan sendiri biasanya dilandasi oleh rasa suka dan mencintai antara kedua belah pihak setelah mengetahui sifat dan karakter masing-masing pasangan.

Namun kini, ada juga beberapa pasangan yang mantap memutuskan untuk menikah meski tanpa proses pacaran terlebih dahulu. Biasanya, mereka menikah dengan bantuan 'mak comblang' yang bisa saja datang dari pihak kerabat atau keluarga. Lantas sebenarnya, bisakah rumah tangga terjalin secara baik meski tidak diawali dengan proses pacaran? 

Psikolog Ayoe Sutomo mengatakan, menikah tanpa berpacaran memang bisa saja untuk dilakukan. Menurutnya, berpacaran itu hanya suatu istilah yang sering dipakai untuk mengenali kepribadian dari masing-masing pasangan. Meski begitu, ada baiknya sebelum menikah kedua belah pihak sudah saling mengenali kepribadian masing-masing. 

"Masa pendekatan itu penting sekali untuk mengetahui orang seperti apa yang akan menjadi teman hidup kita, karena kita akan menghabiskan sisa hidup dengan orang tersebut, sebaiknya ketahui dulu apakah visi misi hidup yang dianutnya sama dengan kita," ujar Ayoe seperti dilansir dari wolipop.detik.com, Selasa, (18/8/2015).

Senada dengan Ayoe, konselor pernikahan Elly Nagasaputra, MK, CHt juga mengemukakan pendapat yang sama. Pernikahan yang dilakukan tanpa proses jalinan asmara bisa saja dilakukan dengan berbagai pertimbangan dari beberapa aspek, misalnya dari kepribadiannya, atau dari sisi keimanannya.

"Pacaran yang hanya berduaan, nonton, makan, dan menghabiskan waktu bersama-sama atau definisinya hanya pergi di malam minggu, itu juga tidak bisa menjadi jaminan untuk menuju ke pernikahan juga," tutur Elly , Kamis, (20/8/2015).

Subscribe to receive free email updates:

loading...

1 Response to "Menikah Tanpa Pacaran, Bisakah?"

  1. bisa asal kedua belah pihak sudah saling kenal secara pribadi info seputar obat perangsang wanita

    ReplyDelete