Kini Masuk UMSU Wajib Tes Urine, Bagaimana Dengan Kampus Lain? - Suara Medan | Info Medan Terkini

Kini Masuk UMSU Wajib Tes Urine, Bagaimana Dengan Kampus Lain?

Kini Masuk UMSU Wajib Tes Urine, Bagaimana Dengan Kampus Lain?


SUARAMEDAN.com -Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) telah menjadikan tes urine kepada calon mahasiswa baru sebagai syarat masuk ke universitas. Tes urine mahasiswa baru sudah berlaku sejak lima tahun lalu.

Staf Hubungan Masyarakat UMSU, Ribut Priyadi mengatakan, sejak lima tahun belakangan UMSU telah mewajibkan kepada calon mahasiswa baru untuk mengikuti serangkaian tes, satu di antaranya tes kesehatan. Dalam pemeriksaan tes kesehatan tersebut, calon mahasiswa baru harus bersih dari penggunaan narkoba.

“Kami sudah menetapkan syarat diterima ke UMSU harus bebas dari narkoba, jadi setiap mahasiswa baru harus mencantumkan tes kesehatan yang menyatakan tidak menggunakan barang haram narkoba. Penentuan persyaratan ini sudah berlaku sejak lima tahun lalu. Jadi meskipun mahasiswa sudah dinyatakan lulus tes psikologis dan akademik namun menggunakan narkoba tentu saja tidak lulus,” ujarnya dikutip dari tribunnews.com, Senin (24/8/2015)

Selain itu, lanjut dia, diberlakukan tes urine sebagai syarat masuk ke UMSU bertujuan untuk mencegah ataupun mengantisipasi maraknya peredaran narkoba di lingkungan universitas yang menjadi sorotan berbagai kalangan. Oleh Karena itu, tidak sedikit calon mahasiswa dinyatakan gagal sebagai mahasiswa UMSU lantaran tidak bersih dari narkoba.

“Jika mahasiswa berkeinginan melakukan tes kesehatan di kampus, pihak rektorat juga memfasilitas untuk melakukan tes. Ketika tes kesehatan itulah, nanti calon mahasiswa akan mengikuti tes urine itu. Cuma saya tidak pegang data jumlah calon mahasiswa baru yang dinyatakan gagal lantaran menggunakan narkoba. Besok (Senin, 24 Agustus) kita ketemu saya akan serahkan datanya,” katanya.

Subscribe to receive free email updates:

loading...

0 Response to "Kini Masuk UMSU Wajib Tes Urine, Bagaimana Dengan Kampus Lain?"

Post a Comment